Advertisements

Hukum Memelihara Anjing Dalam Islam

Mereka menanyakan kepadamu: “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah: “Dihalalkan bagimu yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang buas yang telah kamu ajar dengan melatihnya untuk berburu; kamu mengajarnya menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah dari apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah atas binatang buas itu (waktu melepaskannya). Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya. (QS Al-Maidah:4)

Pada dasarnya memelihara anjing untuk menjaga hewan ternak, tanaman, dan berburu dibolehkan dalam Islam. Tapi selain itu tidak dianjurkan karena air liur anjing itu najis. Jika kita kena najis, wajib membasuhnya dengan air sebanyak 7x di mana salah satunya adalah dengan tanah. Jika tidak, sholat kita tidak sah. Tidak diterima Allah:

Dari Abu Hurairah ra, sesungguhnya Nabi SAW bersabda,

( مَنِ اتَّخَذَ كَلْباً إِلاَّ كَلْبَ مَاشِيَةٍ ، أوْ صَيْدٍ ، أوْ زَرْعٍ ، انْتُقِصَ مِنْ أجْرِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطٌ ) رواه مسلم 1575

“Siapa yang memelihara anjing, kecuali anjing untuk menjaga hewan ternak, berburu dan menjaga tanaman, maka akan dikurangi pahalanya setiap hari sebanyak satu qirath.” (HR. Muslim, no. 1575)

Dari Abdullah bin Umar, rama, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang memelihara anjing, kecuali anjing untuk memelihara ternak, atau berburu, maka akan dikurangi amalnya setiap hari sebanyak dua qirath.” (HR. Bukhari, no. 5163, Muslim, no. 1574)

Qiroth itu apa sih? Dari hadits di bawah ternyata 1 Qiroth itu sama dengan 1 Gunung Uhud:

Dari Tsauban ra. maula Rasulullah saw.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda (yg artinya):
“Barang siapa menyalati jenazah, maka ia mendapatkan satu qirath. Jika ia menghadiri penguburannya, maka ia mendapatkan dua qirath. Satu qirath sama dengan gunung Uhud.” [Shaĥiĥ Muslim]

Gunung Uhud ini adalah gunung terbesar dan tertinggi di Madinah. Panjangnya 7 km dan lebar 3 km. Tingginya 1077 meter di atas permukaan laut. Kalau dari dataran Madinah sekitar 350 meter. Bayangkan berapa banyak pahala kita yang berkurang setiap hari cuma gara-gara memelihara anjing. Kalau di akhirat pahala dan dosa ditimbang dan ternyata lebih berat dosa, maka kita masuk neraka.

Dari Abu Hurairah ra, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda,

( طُهُورُ إِنَاءِ أحَدِكُمْ إِذَا وَلَغَ فِيهِ الكَلْبُ أنْ يَغْسِلَهُ سَبْعَ مَرَّاتٍ أُولاَهُنَّ بِالتُّرَابِ ) رواه مسلم ( 279 (

“Sucinya wadah kalian apabila dijilat anjing, adalah dengan dibasuh sebanyak tujuh kali, basuhan pertama dengan debu.” (HR. Muslim, no. 279)

Dalam sebuah riwayat Muslim, (Rasulullah SAW bersabda), “Jika anjing menjilati wadah, maka basuhlah sebanyak tujuh kali, dan yang kedelapan taburkan dengan tanah.” (HR. Muslim, no. 280)

Imam Abu Hanifah, Imam Syafi’ie, dan Imam Ahmad bin Hanbal sepakat bahwa air liur anjing itu najis. Imam Malik meski menganggap air liur anjing itu suci, tetap menyatakan wajib mencuci benda yang kena air liur anjing sebanyak 7x meski dgn alasan Ta’abbud. Wajib dicuci tujuh kali. Inilah pendapat mayoritas ulama diantaranya pendapat yang masyhur dalam madzhab Malikiyah, pendapat imam as-Syafii, Ahmad dan madzhab Zhahiriyah.

Makanan anjing seberat 25 kg itu sekitar 630 gram daging sehari. Jika harga daging rp 120.000/kg, artinya rp 75.000/hari. Rp 2,25 juta/bulan.

Lebih murah memberi makan fakir miskin yg cuma rp 1 juta/bulan.

Di Al Qur’an kita dianjurkan memberi makan fakir miskin. Jadi ketimbang membuang-buang uang untuk memelihara anjing, alangkah baiknya jika uang tsb diberikan untuk fakir miskin.

Jika rumahnya itu di tempat terpencil di mana amat berbahaya hidup tanpa ada penjaga, boleh lah dia memelihara anjing sebagai penjaga keselamatan keluarganya. Namun anjing tsb harus ditempatkan di luar rumah. Jika di dalam, maka najisnya ke mana-mana. Sholat jadi tidak sah.

Di Arab Saudi, anjing-anjing itu dibiarkan hidup bebas. Tidak dipelihara. Nabi dan para sahabat utama tidak ada yang memelihara anjing. Cuma kucing. Meski ada kisah pelacur yang masuk surga karena memberi minum anjing yang kehausan, pelacur tsb tidak memelihara anjing tsb. Tapi membiarkannya bebas.

Anjing adalah hewan yang relatif buas. Umumnya cuma baik terhadap majikannya tapi galak terhadap orang lain. Ada banyak peristiwa di mana anjing menggonggong bahkan menggigit anak kecil. Bahkan ada juga orang dewasa yang tewas karena digigit anjing seperti Pitbull. Jadi hati-hati.

http://www.liputan6.com/regional/read/3233947/kakek-di-kediri-tewas-digigit-anjing-pitbull-saat-cari-kayu-bakar
Kakek di Kediri Tewas Digigit Anjing Pitbull Saat Cari Kayu Bakar

http://www.tribunnews.com/nasional/2017/08/07/7-fakta-meninggalnya-ramisya-anak-perempuan-yang-tewas-digigit-anjing-pitbull
7 Fakta Meninggalnya Ramisya, Anak Perempuan yang Tewas Digigit Anjing Pitbull

http://www.suarabmi.com/2017/11/tewas-digigit-anjing-jenazah-tkw-ini.html
Tewas Digigit Anjing, Jenazah TKW Ini Sudah Sampai di Indonesia

http://www.inews.id/news/read/sedang-tidur-bayi-berusia-8-hari-tewas-digigit-anjing
Sedang Tidur, Bayi Berusia 8 Hari Tewas Digigit Anjing

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: