Media Islam, Islam, Allah, Muhammad
“JualJual Nasi Kebuli Jakarta
Munatour - Haji dan Umrah Sesuai SunnahiMunatour - Haji dan Umrah Sesuai Sunnah

Tulisan Terkini

Cara Memilih Biro Haji dan Biro Umrah yang Baik

bambang-do-wang

Ada yang inbox saya mau umrah Ramadhan, tapi tertipu. Padahal di situ ada ustad MB yang pernah memberi ceramah di kantor saya 10 tahun lalu. Cuma setelah itu tak ada kontak lagi.
Tidak nyangka juga sih kok bisa begitu.

Jadi yang mau umrah / haji harus hati2. Perhatikan track record Biro Umrah / Hajinya itu sudah biasa memberangkatkan jemaah apa belum? Jangan terpaku pada figur. Bisa saja dia itu selebriti atau ustad terkenal, tapi manajemen Biro Umrah / Hajinya dodol.

Jangan terpaku pada harga termurah. Ini identik dgn pelayanan. Khawatirnya nanti tiket pesawat dan hotel di sana tidak terbeli dan anda terlantar. Bisa juga memang ada penipu dan memasang harga termurah, misalnya cuma 70% dari harga yang paling murah agar bisa orang2 tertarik. Dia tahu dgn uang sebesar itu, tak mungkin dia bisa memberangkatkan orang untuk umroh/haji.

Saya pribadi ada mengenal beberapa biro Umrah dan Haji yg memang biasa memberangkatkan orang haji/umrah. Biayanya ada yang menengah / sedang. Ada juga yang mahal. Tergantung hotelnya bintang berapa. Meski saya merekomendasikan yang menengah saja.

Agar tidak tertipu, pilih Biro Haji dan Biro Umrah yang terpercaya. Harganya mungkin mahal atau tidak semurah yang anda inginkan, tapi yang penting anda bisa berangkat haji atau umrah. Tapi jika terlalu murah dan tidak berangkat juga untuk apa?

Pilih Biro Haji dan Umrah yang sudah lama dan berpengalaman menyelenggarakan Haji dan Umrah. Jika sudah lama, insya Allah baik sebab sudah berpengalaman dan terbukti. Jika jelek, tentu sudah lama tutup. Kalau masih baru, selain belum pengalaman kita juga tidak tahu apakah bagus atau buruk? Apakah bisa bertahan lama?

Biro Haji tersebut selain sudah berpengalaman cukup lama juga memiliki izin Haji dan Umrah serta terdaftar di berbagai asosiasi Haji dan Umrah. Ini contohnya:

Contoh

Jika kita lihat di sini:

http://munatour.co.id/manajemen-munatour

Pengalaman perusahaan tsb sudah 15 tahun. Ada Akte Notaris, NPWP, Izin Haji dan Umrah, SIUP, dsb. Ini adalah beberapa tanda bahwa Biro Haji atau Umrah tsb kemungkinan bisa diandalkan. Jadi jika anda hendak berhaji atau umrah, coba periksa kelengkapan dokumen / izin biro tsb seperti di atas. Ini sekedar perbandingan / contoh saja.

Karena saya pernah merekomendasikan ustad ini karena ceramahnya 10 tahun lalu bagus di satu website, khawatirnya saya dikira temannya. Padahal cuma sekali itu saya mengundang ustad X ini ceramah berdasar referensi dari guru saya. Ceramah bagus, kelakuan belum tentu…

Bukan menakut-nakuti, cuma kisah calon jemaah haji atau umrah yang tertipu itu banyak. Sudah ratusan ribu yang tertipu. Jadi hati-hati.

3 Bulan Terakhir, 10.770 Calon Jamaah Umrah Tertipu
http://www.republika.co.id/berita/jurnal-haji/berita-jurnal-haji/16/03/08/o3q2x8313-3-bulan-terakhir-10770-calon-jamaah-umrah-tertipu

Ratusan Calon Jamaah Umrah Tertipu
http://news.okezone.com/read/2015/12/18/338/1270113/ratusan-calon-jamaah-umrah-tertipu

300 calon haji diduga tertipu sebuah yayasan
http://www.antaranews.com/berita/493516/300-calon-haji-diduga-tertipu-sebuah-yayasan

About these ads

1 comment to Cara Memilih Biro Haji dan Biro Umrah yang Baik

Tinggalkan Balasan

Akhlaq

Iman

Ekonomi

Download