Media Islam, Islam, Allah, Muhammad

Kategori

Kajian Tafsir Surat Saba’ Ayat 15-19 Bersama KH Ali Yafie

KH Ali Yafie

Pengajian Majelis TAQWA [Tafsir & Athlas alQur’an alWashiyyah – Amanah) bersama KH Ali Yafie, KH Mohamad Hidayat, KH Moehammad Zain Sabtu 28 Februari 2015.
KH Moehammad Zain mengabarkan telah berdiri Masjid Jenderal Sudirman di jalan Jenderal Sudirman dengan biaya Rp 18 Milyar yang mampu menampung 3.000 jema’ah.

Pengajian bersama KH Ali Yafie membahas Saba’ 15-19. Pengajian diisi pula oleh KH Dr Mohamad Hidayat MBA dan KH Moehammad Zain. Ada juga Lurah Cipinang Cempedak pak Bambang.

Saba dulu negeri yang aman, dan nyaman. Ada di negeri Yaman. Tak ada berita harga beras naik di sana. Tidak ada pula berita begal motor. Pokoknya rakyatnya damai sejahtera. Baldatun thoyyobatun wa robbun ghofur.

Namun karena penduduknya maksiat, akhirnya dihancurkan Allah.

Mudah2 an Indonesia tidak seperti itu.

At Takwa

Dari ayat-ayat di bawah diketahui Saba’ adalah negeri Ratu Balqis yang kemudian ditaklukkan oleh Nabi Sulayman yang juga merupakan Raja. Nabi Sulayman adalah anak Nabi Daud.

KH Mohamad Hidayat

Di Saba’ mereka makmur karena mereka membendung air yang mengalir di antara 2 buah bukit sehingga air hujan bisa tertampung dan mengairi kebun-kebunnya. Saat bendungan tersebut hancur, maka Saba’ dilanda banjir yang membinasakan negeri tsb.

KH Moehammad Zain

Sebelumnya dari Saba’ hingga Syams terdapat jalan dengan pos-pos perhentian yang teratur sehingga orang bisa bepergian dengan nyaman.

Kaum Saba’ (Saba’):15 – Sesungguhnya bagi kaum Saba’ ada tanda (kekuasaan Tuhan) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri. (kepada mereka dikatakan): “Makanlah olehmu dari rezeki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun”. 15

foto bareng

Kaum Saba’ (Saba’):16 – Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr. 16

Kaum Saba’ (Saba’):17 – Demikianlah Kami memberi balasan kepada mereka karena kekafiran mereka. Dan Kami tidak menjatuhkan azab (yang demikian itu), melainkan hanya kepada orang-orang yang sangat kafir. 17

Kaum Saba’ (Saba’):18 – Dan Kami jadikan antara mereka dan antara negeri-negeri yang Kami limpahkan berkat kepadanya, beberapa negeri yang berdekatan dan Kami tetapkan antara negeri-negeri itu (jarak-jarak) perjalanan. Berjalanlah kamu di kota-kota itu pada malam hari dan siang hari dengan dengan aman. 18

Kaum Saba’ (Saba’):19 – Maka mereka berkata: “Ya Tuhan kami jauhkanlah jarak perjalanan kami”, dan mereka menganiaya diri mereka sendiri; maka Kami jadikan mereka buah mulut dan Kami hancurkan mereka sehancur-hancurnya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi setiap orang yang sabar lagi bersyukur.

Advertisements

1 comment to Kajian Tafsir Surat Saba’ Ayat 15-19 Bersama KH Ali Yafie

Tinggalkan Balasan