Nabi Muhammad Manusia Paling Sempurna di Dunia

Infaq Dakwah

PayPal: agusnizami@yahoo.com.sg Rekening BCA 0061947069 a/n Agus Nizami

Twitter

Inilah Ciri-ciri Muslim Sejati : Ummat Islam berkasih sayang terhadap sesama, namun keras terhadap orang-orang kafir: mediaislamraya.blogspot.com/2…

Cara Memakai Busana Muslimah / Jilbab yang Baik

Alhamdulillah saat ini banyak wanita muslim yang mengenakan busana muslimah/jilbab. Ada yang sudah berpakaian sesuai tuntunan agama. Ada pula yang meski sudah memakai jilbab, namun masih jauh dari ajaran Islam.

Sebagai contoh, ada yang memakai jilbab, namun jilbabnya tidak menutupi dada. Parahnya lagi, dia memakai kaus dan celana yang ketat sehingga lekuk tubuhnya terlihat jelas. Akhirnya timbul keanehan, memakai jilbab tapi kok terlihat seksi ya?

Nah tulisan ini bukan bermaksud untuk mengecam. Tapi untuk memberikan pencerahan agar kita tahu cara berpakaian yang benar menurut ajaran Islam.

Pakaian Islam harus menutup seluruh aurat.

AURAT lelaki menurut ahli hukum ialah daripada pusat hingga ke lutut. Aurat wanita pula ialah seluruh anggota badannya, kecuali wajah, tapak tangan dan tapak kakinya. Rasulullah SAW bersabda bermaksud: “Paha itu adalah aurat.” (Bukhari)

Pakaian Islam tidak boleh menampakkan tubuh atau jarang.

Dari Saidatina Aisyah bahawa satu hari kakaknya, Asma binti Abu Bakar datang mengadap Rasulullah SAW sedang ia berpakaian tipis (jarang). Melihatkan keadaan itu, Rasulullah SAW terus berpaling muka.” [HR Abu Daud]

Kadang ada pakaian yang meski menutup seluruh tubuh, namun serat kainnya begitu jarang persis seperti kain kasa atau transparan seperti plastik. Akibatnya tubuh atau warna kulit pun terlihat jelas seolah-olah telanjang.

Rasulullah SAW bersabda: “Dua golongan ahli neraka yang belum pernah aku lihat ialah, satu golongan memegang cemeti seperti ekor lembu yang digunakan bagi memukul manusia dan satu golongan lagi wanita yang memakai pakaian tetapi telanjang dan meliuk-liukkan badan juga kepalanya seperti bonggol unta yang tunduk. Mereka tidak masuk syurga dan tidak dapat mencium baunya walaupun bau syurga itu dapat dicium daripada jarak yang jauh.” (Muslim)

Pakaian juga tidak boleh ketat sehingga bentuk tubuh terlihat jelas.

Pakaian juga tidak boleh untuk bermegah-megahan atau bermewah-mewahan.

”Bermegah-megahan telah melalaikan kamu” [At Takaatsur 1]

Pakaian tidak boleh berlebihan sehingga menimbulkan perasaan sombong atau congkak ketika memakainya. Contohnya sering kita melihat para bangsawan yang bajunya begitu mewah dan panjang sehingga terseret-seret di lantai sementara dagunya menghadap ke atas dengan rasa sombong.

Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:

Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Allah tidak akan memandang orang yang menyeretkan pakaiannya dengan sombong. (Shahih Muslim No.3887)

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:

Ia melihat seorang lelaki menyeret kainnya, ia menghentakkan kakinya ke bumi, lelaki itu adalah pangeran Bahrain. Ia berkata: Pangeran datang, pangeran datang! Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya Allah tidak akan memandang orang yang menyeretkan kainnya dengan kecongkakan. (Shahih Muslim No.3893)

Jadi kalau ada yang memakai pakaian mahal misalnya dengan harga 5 dinar ke atas atau Rp 5 juta ke atas sambil membanggakan kepada temannya, ini aku beli seharga Rp 5 juta, niscaya itu sudah tidak Islami lagi.

Seharusnya yang sederhana saja dan tidak berlebihan sehingga sisa uangnya bisa dipakai untuk sedekah membantu fakir miskin.

Pakaian Lelaki harus berbeda dengan pakaian wanita. Tidak boleh lelaki berpakaian wanita dan wanita berpakaian lelaki meski mungkin itu hanya untuk memancing tawa/lelucon.

Rasulullah SAW bersabda: “Allah mengutuk wanita yang meniru pakaian dan sikap lelaki, dan lelaki yang meniru pakaian dan sikap perempuan.” (Bukhari dan Muslim)

Baginda juga bersabda bermaksud: “Allah melaknat lelaki berpakaian wanita dan wanita berpakaian lelaki.” (Abu Daud dan Al-Hakim).

Wanita boleh pakai sutera. Namun lelaki tidak boleh.

Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kamu memakai sutera, sesungguhnya orang yang memakainya di dunia tidak dapat memakainya di akhirat.” (Muttafaq ‘alaih)

Hendaknya saat keluar rumah para wanita mengenakan jilbabnya.

”Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” [Al Ahzab 59]

Hendaknya kerudung dipakai hingga menutupi dada.

”Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” [An Nuur 31]

Di bawah contoh pemakaian busana muslim yang tidak sesuai menurut Islam. Jangan sampai pakaian istri, anak-anak perempuan, atau pun saudara-saudara perempuan kita termasuk dalam contoh-contoh tersebut. Terakhir ada contoh berpakaian muslimah yang benar.

Gambar 1

Kesalahan pada gambar ini :

Kerudung tidak menutupi dada

Allah S.W.T berfirman dalam surat An Nur ayat 31 ” .. dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya … “

Gambar 2

Kesalahan pada gambar ini :

  • Kerudung tidak menutupi dada
  • Rok yang dipakai kurang panjang

Menurut riwayat Imam Tarmizi dan Nasa’i, dari Ummu Salamah r.a. “Ya Rasulullah, bagaimana perempuan akan berbuat kain-kain mereka yang sebelah bawah?

Sabda Rasulullah S.A.W : “Hendaklah mereka memanjangkan barang sejengkal dan janganlah menambahkan lagi keatasnya

Gambar 3

Kesalahan pada gambar ini :

  Pakaian ketat dan menampakkan bentuk tubuh

Rasulullah bersabda ” hendaklah kamu meminjamkan dia baju yang panjang dan longgar itu

  Make up yang sangat tebal

Allah SWT berfirman dalam surat Al’Araf ayat 31 : ” Wahai anak cucu Adam. Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap memasuki mesjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan ”


Gambar 4

Kesalahan pada gambar ini :

  Kerudung tidak menutupi dada

  Lengan blus pendek

  Rok yang dipakai pendek

  Tidak memakai kaos kaki

Dan katakanlah kepada para perempuan beriman, agar mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasan (auratnya) kecuali yang bisa terlihat….”  Surat An Nur, ayat 31

Gambar 5

Kesalahan pada gambar ini :

 Lengan blus pendek

 Tidak memakai kaos kaki

  • Rok yang dipakai berbelah di depan

Barang siapa yang memakai pakaian yang mencolok mata, maka Allah S.W.T akan memberikan pakaian kehinaan di hari akhirat nanti “  [HR Ahmad, Abu Daud, An Nasa'i dan Ibn Majah]

Gambar 6

Kesalahan pada gambar ini :

  • Kerudung tidak menutupi dada
  • Pakaian ketat menampakkan lekuk tubuh
  • Blus yang dipakai pendek
  • Tidak memakai kaos kaki

Sesungguhnya sebilangan ahli neraka ialah perempuan-perempuan yang berpakaian tapi yang telanjang yang condong kepada maksiat dan menarik orang lain untuk melakukan maksiat. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya” [Bukhari dan Muslim]

Apakah cara berpakaian anda meski sudah menutup kepala masih banyak salahnya?

Lalu bagaimana contoh berpakaian yang benar?

Silahkan lihat di bawah ini.

Rasulullah S.A.W telah bersabda :

Bahwa anak perempuan apabila telah cukup umurnya, maka mereka tidak boleh dilihat akan dia melainkan mukanya dan kedua telapak tangannya hingga pergelangan” (H.R. Abu Daud)

Memang berat untuk mengenakan busana Muslimah yang baik dan sesuai ajaran Islam. Seperti pengalaman pribadi yang dituturkan oleh satu penulis sumber ini. Mungkin busana muslim yang baik itu seperti ibu-ibu, tidak modis, tidak seksi, dan sebagainya. Tapi itulah yang benar.

Dan menurut dia banyak juga kok saat ini busana Muslim yang baik tapi tetap terlihat modis dan anggun.

Jika anda membeli busana Muslimah sebaiknya busana yang anda beli sesuai petunjuk di atas. Di bawah adalah tempat penjualan busana Muslimah online:

http://media-islam.or.id/2010/07/04/toko-busana-muslim-online

Sumber :

http://myliqo.multiply.com/journal/item/10

http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page?kid=23305

http://panduan.org/node/73063

36 comments to Cara Memakai Busana Muslimah / Jilbab yang Baik

  • Alhamdulillah. terima kasih artikelnya pak…InsyAlloh…

  • vanth

    kurang yang rambutnya keliatan,, btw nice inpo,,

  • SAYRU

    GAMBAR YANG DI PAJANG BERTULISKAN RUMAH MADINA PAKE JILBABNYA BENER GA YA?

  • Indah

    Alhamdulillih,,dengan artikel ini saya bisa tau cara berpakaian yang sesuai menurut etika agama islam………..

  • dnw

    lalu bgmn dg tuntutan seragam kantor yg harus memasukan jilbabnya k dlm baju hingga dadanya tampak? padahal pekerjaan tersebut dbutuhkn u. menafkahi keluarganya…

  • Saya Fitri muslimah berjilbab lebar, mau tanya ke pak Uztad, saya suka pakai gamis panjang berekor menyapu lantai kadang smp 3-4meter. Secara islam bagaimana yah?

  • Jilbab itu baju panjang dan longgar (milhafah) atau baju kurung (mula`ah) yang dipakai menutupi seluruh tubuh di atas baju rumahan. Jilbab wajib diulurkan sampai bawah (bukan baju potongan), sebab hanya dengan cara inilah dapat diamalkan firman Allah (artinya) “mengulurkan jilbab-jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Dengan baju potongan, berarti jilbab hanya menutupi sebagian tubuh, bukan seluruh tubuh. (Taqiyuddin An-Nabhani, An-Nizham al-Ijtima’i fil Islam, hal. 45-46).

  • nizami

    @Sayru: Web di atas adalah sponsor. Mudah2an artikel ini dan juga komentar antum jadi pembelajaran bagi kita semua cara memakai jilbab yang benar. Beberapa hari lalu saya lihat bagaimana istri para ulama besar kita di zaman dulu yang sekedar memakai kerudung biasa dengan rambut masih terlihat, begitu pula para muslimah lainnya.

    Semoga dgn artikel ini kita bisa lebih maju dan jadi panduan bagi para wanita untuk memilih busana muslimah yang baik dan benar.

    @Dnw: memang dalam mentaati Allah godaan sangat berat. Sebagai contoh Nabi Ibrahim diuji Allah untuk menyembelih putra tunggalnya yang sangat dia cintai. Sementara Nabi Ismail diuji dengan kematian yang mengerikan. Namun itu semua tidak menghalangi mereka untuk mentaati Allah. Semoga kita semua diberi Allah kekuatan iman seperti para Nabi di atas.

    @Fitri: Pakaian yang berlebihan sehingga menyeret lantai tidak diperbolehkan karena selain bisa menyeret najis juga dilarang:

    Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Allah tidak akan memandang orang yang menyeretkan pakaiannya dengan sombong. (Shahih Muslim No.3887)

  • Baju sudah bener,jilbab panjang,tapi pacaran secara islami,,apakah ada hukum pacaran secara islami.

  • nizami

    Mungkin ada yang bilang boleh. Namun bagi penulis, sepertinya pacaran secara Islami itu tidak ada deh. Mungkin sama halnya dengan zina yang Islam yang juga tidak ada.

    Namun dalam Islam disunnahkan pernikahan. Sebelum menikah juga diperintahkan untuk ta’aruf atau berkunjung ke rumah calon istri untuk berkenalan.
    http://media-islam.or.id/2009/08/10/tips-dan-nasihat-untuk-menikah

    Ta’aruf itu sekedar mengenal dalam rangka untuk pernikahan SESEGERA mungkin.

  • Mustaghist

    SubhanaLLOH…
    Sungguh indahnya islam ini dalam mengatur tata kehidupan manusia. SubhanaLLOH 3x, semoga para pembaca yang mengetahui artikel ini bisa menyadari akan pentingnya islam dan menjalankannya sesuai dengan syari’at islam.
    WaLLOHu a’lam Bisshowab

  • DESI

    alhamdulilah……inilah artikel yang selama ini saya cari. syukron atas penjelasannya. tp saya mw b’tanya kenapa ustadjah yang sering memberi tausiah, gaya memakai jilbab sering terlihat tidak mencerminkan cara memakai busana muslimah yang baik seperti jilbabnya tidak menutupi dadanya. padahal kan dia harus menjadi contoh. apakah QT harus mencontohnya ?
    mohon penjelasannya.

  • nisa

    assalamualaikum……. trimakasih atas artikelnya,, saya sangat bersyukur dengan adanya artikel ini,,, saya jadi bisa tau cara berpakaian bermuslimah yang baik dan benar yang sesuai dengan tuntutan/syariat islam,,,.. tapi saya mau tanya ustad : bagimana hukumnya pacaran jarak jauh dan tidak prnah bertemu hanya lewat telpon dan tukar foto,,, apakah itu haram ustad?? mohon jawabanya ya ustad,,,,
    terimakasih….
    assalamualaikum……

  • nizami

    @Desi: Selain Nabi memang tidak ada manusia yang sempurna. Ada kelebihan dan kekurangan baik dari segi ilmu/amal. Oleh karena itu ada baiknya langsung saja anda belikan ustazah anda baju gamis dan jilbab yang baik. Mudah2an beliau mau memakainya.

    @Nisa: Meski ada kemungkinan berakhir baik, namun banyak pula berita di mana perkenalan di Internet/Facebook berakhir dengan penculikan, perkosaan, bahkan pembunuhan.

    Sulit mengenal sifat/akhlak seseorang hanya dengan chating/telpon. Bahkan dengan bertemu langsung pun tidak dijamin calon suami anda bukanlah orang yang pemukul, (maaf) pezina, dsb.

    Ada baiknya jika anda bisa mendapatkan referensi dari keluarga dan teman anda, dapatkan dari situ. Bahkan selain ta’aruf, coba cari informasi dari keluarga/teman anda yang mengenal langsung bagaimana sifatnya.

    Sebagai tambahan informasi:
    http://agusnizami.wordpress.com/2010/01/05/kejahatan-internet-terhadap-anak-dan-orang-dewasa-yang-sering-terjadi

  • Sheilla

    Assalamualaikum. Wr. Wb.

    Alhamdulillah saya akan memakai jilbab awal bulan april ini. saya ingin bertanya sekarang kan udah ada sarung tangan ya pak ustad/baju dalaman berlengan panjang dan lehernya panjang jadi baju lama yg berlengan pendek bisa di pakai lagi, itu bagaimana pak?? terima kasih.

    Wasslm. Wr. Wb.

  • Mimi Zidane

    Sehari-hari sy sering mengenakan celana jeans/bahan(seperti gbr.6),ttp atasannya lbh longgar & panjang.Terkadang sy jg make’ baju berlengan pendek ttp memekai dalaman/manset.Sy pikir agar lbh praktis,krn tiap hr sy antar jemput anak2 skull dgn motor.Menurut bpk bgmn?

  • siwi pusposari

    artikelnya bagus sekali, TOLONG DONG sy di tag untuk sy share di FB krn sy SANGAT MEMBUTUHKAN. terima kasih sblmnya..

  • ass.allhammdulilah.. akhirnya saya bisa tau bagaimana caranya berpakaian busana muslim yang baik…dan saya sangat senang, dan menyukainya dengan info tentang cara berpakaian busana muslim yang baik, insya allah.. saya akan semakin bersemangat untuk memakai pakaian muslim yang baik… terima kasih atas info yang udah diberikan melewati website internet islami ini.. saya sangat suka.. dan terima kasih banyak buat penulisnya… wslm.

  • Ketua RT

    @ Nizami
    Saya setuju komentar Sayru, jika cuma sponsor saya bertanya apakah sesuai dengan busana muslim yg disyariatkan. Jika bertolak belakang dengan artikel yg ditulis/tidak syariah sama saja dengan “Menegakkan Amal Ma’ruf & Menyuruh Mengerjakan Kemungkaran”.
    Muslimah dibagi 3 :
    1. Wanita : tidak mengenakan busana muslimah
    2. Ahmet ( Ahkawat Metal): mengenakan busana muslimah yang tidak syariah tetapi ingin diakui, ingin dilihat orang, mengenakan perhiasan, dandanan menor, lekuk tubuh nampak, kadang jika nungging celana dalam tampak dll.
    3. Ahkawat: mengenakan busana muslim yg sesuai syariah.

    • nizami

      Kita semua masing2 sama-sama belajar di sini. Jadi mohon jangan saling menghina.
      Nabi melakukan amar ma’ruf nahi munkar dengan cara yang bijaksana. Sebagai contoh ada orang kencing di masjid. Itukan salah besar. Masjid adalah tempat yang suci. Tapi kok dikotori dengan najis?

      Para sahabat marah dan ingin menghardik. Jika itu dilakukan, niscaya orang itu marah dan bisa keluar dari Islam. Tapi Nabi bijak dan halus sekali cara melarangnya. Silahkan baca hadits di bawah.

      Saat ini boleh dikata 95% pedagang pakaian itu menjual pakaian yang tidak Islami. Pamer ketek segala macam. Nah sahabat kita ada yang mencoba menjual busana Muslim dan turut membantu dakwah dengan memasang sponsor di sini. Jika kita langsung ban, selain melanggar kontrak dia juga akan sakit hati. Itukah sunnah Nabi kita?

      Mudah2an artikel ini bisa memberi pencerahan bagi kita semua. Para calon pembeli bisa memilih pakaian Islam yang benar2 Islami meski ada yang masih kurang Islami dengan pedoman ini. Para pembuat busana Muslim juga mudah2an jadi tahu seperti apa pakaian Muslim yang sebenarnya.

      Anas Ibnu Malik ra berkata: “Seseorang Badui datang kemudian kencing di suatu sudut masjid, maka orang-orang menghardiknya, lalu Nabi SAW melarang mereka. Ketika ia telah selesai kencing, Nabi SAW menyuruh untuk diambilkan setimba air lalu disiramkan di atas bekas kencing itu.” Muttafaq Alaihi.

  • siwi pusposari

    saya setuju dgn pak nizami bahwa kita sama2 belajar jadi saya rasa kita tidak perlu menilai2 apalagi menjust orang lain, bukankah tidak ada paksaan dlm agama? jd kita jg tidak perlu memaksa2 orang untuk melakukan seperti apa yang kita lakukan (ketahui). memberi informasi yg benar sdh merupakan langkah yang baik, smg kita semua diberi hidayah untuk menerima dan menjalankan syariat Allah dan ttp bs saling berkasih sayang dgn yang lain bagaimanapun keadaannya :)
    jazakallah pak sdh memposting ulang artikel ini :)

  • nizami

    Iya bu Siwi.
    Manusia itu tempat salah dan lupa. Tidak ada Muslim yang bebas dari salah dan dosa kecuali para Nabi yang maksum.

    Menjawab pertanyaan KetuaRT, mungkin kita tidak bisa bilang bahwa itu 100% toko Busana Muslim. Tapi kita juga tidak bisa berkata bahwa itu 100% bukan toko Busana Muslim. Insya Allah dengan pedoman di atas para pembaca cukup cerdas untuk memilih busana mana yang sudah sesuai Islam dan mana yang belum.

    Jika kita bandingkan dgn toko Busana Muslim online lain yang muncul di halaman pertama google.com dgn keyword busana muslim, insya Allah yang jadi sponsor di sini jika tidak masih lebih baik, minimal sama dgn toko Busana Muslim lainnya di situ.

    Sebagai contoh http://rumahmadani.com . Di situ ada peraga busana muslimah yang lehernya masih terlihat. Apakah itu berarti busana muslimahnya tidak layak untuk dibeli? Tidak juga. Pembeli bisa mengatur jilbabnya sehingga menutupi dada sehingga jadi sesuai syar’i. Jika jilbabnya kurang sesuai, tinggal beli jilbab lain yang sesuai pedoman di atas. Dari sekian banyak model yang ditawarkan, insya Allah paling tidak ada 1-2 yang benar2 sesuai syar’i. Ada pun yang kurang, insya Allah 80% bisa diperbaiki dgn jilbab yang benar.

    Bagaimana pun juga meski masih banyak kekurangan, toko2 busana muslimah online tersebut harus kita dukung agar lebih baik. Bagaimana pun juga mereka jauh lebih baik ketimbang toko busana biasa yang masih mengumbar aurat seperti http://www.pondokbaju.com yang muncul di google.com saat kita ketik busana online.

    Jika kita tidak mempromosikan toko Busana Muslim online, khawatirnya malah para Muslimah jadi terjebak pada toko busana yang sangat jauh dari nilai Islam.

    Selain berbusana Muslim, hendaknya akhlak kita juga mencerminkan akhlak Islam yang sopan dan santun serta menghindari su’u zhon (buruk sangka) terhadap sesama Muslim karena Nabi diutus Allah untuk menyempurnakan akhlak manusia.

  • Dedi

    Bagaimana seharusnya pria muslim berbusana ? Apakah wajib penutup kepala ? Menutup aurat adalah wajib tapi apakah apakah wajib menutup bentuk badan ? Baju koko tidak menutup bentuk badan terutama daerah bokong saat sujud , apakah baju pria muslim model pakistan lebih utama ?

  • Wahida Alwiza

    alhamdulillah..Ida jadi mengerti sekarang.
    Syukron

  • Thanks y pak atas Ilmunya..
    jaman sekarang berpakaian yang tidak sesuai dengan syariah islam malah banyak yang menggemarinya… saya heran…mungkin budaya barat sudah menempel lekat ke budaya islam.na’udzubillah…

    klo sempat mampir…silahkan kunjungi web kami di http://www.kerudungrizhani.com
    kerudung dan busana muslimah cantik yang sesuai dengan syariah islam

  • afifah

    kan sekarang bnyak tu orang2 berjilbab pakai jeans
    gimanatu

  • nizami

    Yah dengan memakai jilbab, mereka sudah lebih baik dalam hal berpakaian daripada kebanyakan wanita Muslim di Indonesia.
    Mungkin mereka masih belum tahu cara menutup aurat yang baik dan benar. Mudah-mudahan mereka mendapat hidayah dan mengamalkannya sehingga lebih baik lagi.

  • fajar AYu

    memeng di Indo sekarang banyak yang sudah mengenakan jikbab , tapi mereka hanya mrengikuti mode dan tidak sesuai syariah.
    Alangkah baiknya jka stasiun televisi baikm swasta maupun pemerintah membuat program acara yang menayangkan tentang cara yang berpakaian yang baik & benar bagi seorang muslimah.

  • informasi ini nih yang senahrusnya menjadi dasar desainer muslim untuk membuat karya, informasinya lengkap, izin di bookmark

  • rina

    saya sudah berkerudung sejak 6/7 tahun lalu, tp cara berpakaian saya masih tidak sesuai dengan ajaran islam, sekarang saya bertekad ingin berbusana yang sesuai dengan ajaran islam, dengan artikel ini tekat saya untuk berubah semakin besar, terimakasih.

  • burhanudin

    saya mohon penjelasan untuk aurat wanita untuk “tapak tangan”
    telapak tangan bagian bawah saja
    atau tapak tangan sampai pergelangan tangan

    terimakasih

  • tinie

    @burhanudin: tapak tangan maksudnya sampai pergelangan tangan.
    @penulis: artikelnya bagus, ijin copas ya Pak…
    Jazzkllh…

  • rianthy

    alhamdulillah,..
    sebagai perempuan yang baru mengunakan jilbab saya menjadi tahu tentang cara berjilbab yang benar dan sesuai dengan ajaran islam..terima kasih…
    Insya Allah saya akan mengaplikasikannya dalam kehidupan saya…
    :)

  • Istiqomah Azzahrah

    Nice News…
    Thank’s a lot…
    i feel better now… and permission to copas… hehe
    i’ll aplication for my student in my Collage… i hope they can be better like me… :)

  • astri

    y’alllah,,, trnyta aq blum sepenuhnyaa menutup aurat,,

    mksh ats artikel.ny ingsya allah aq akn blajar memekai busana secara benar,sopan & pastinya menurut islam.

  • thanks artikelnya menarik banget :) thanks

Tinggalkan Balasan