Infaq Dakwah

PayPal: agusnizami@yahoo.com.sg Rekening BCA 0061947069 a/n Agus Nizami

Twitter

Inilah Ciri-ciri Muslim Sejati : Ummat Islam berkasih sayang terhadap sesama, namun keras terhadap orang-orang kafir: mediaislamraya.blogspot.com/2…

Upin dan Ipin: Film Kartun Anak-anak yang Islami


Alhamdulillah ada juga film kartun anak-anak yang Islami, yaitu Upin dan Ipin. Film ini cukup bagus dengan menggunakan animasi yang didesain dengan komputer.

Topik ceritanya cukup bagus dan Islami. Di antaranya tentang shalat Taraweh, Puasa, Zakat, Salam, dan sebagainya. Dibanding dengan film sejenis dari Barat atau pun Jepang yang sering mengumbar kekerasan dan pamer aurat, jelas film ini sangat baik untuk mendidik akhlak anak kita sehingga bisa hidup sesuai ajaran Islam.

UPINDANIPINFilm ini cukup lucu dan menarik. Anak saya, Hana (7 tahun) dan Irfan (4 tahun) sangat tertarik menonton film yang diputar di TPI pada pukul 9:30 itu. Selain sesuai dengan ajaran Islam juga budaya Melayu terasa kental.

Film ini dibuat oleh Hj. Burhanuddin Bin Md Radzi dkk dari Malaysia.

Berikut cuplikan videonya


Website Upin dan Ipin:

http://www.upindanipin.com.my

Upin dan Ipin

Hari Minggu kemarin saya membawa keluarga untuk menonton film Upin dan Ipin versi layar lebar. Semua keluarga, termasuk bayi berumur 11 bulan juga saya ajak.

Sengaja saya pergi pagi, supaya bisa dapat menonton jadwal paling awal. Bahkan ikut beratur di konter tiket begitu sampai di bioskop. Tapi maklum lah, tempat tinggal agak jauh dari kota. Sudah berangkat pagi pun, sampainya ya sudah siang juga. Akhirnya ketika antri sudah melihat tulisan kalo 3 jadwal pertama film itu sudah penuh penontonnya. Yang masih ada, ya jam 7 malam. Weleh, masa saya mau menunggu 8 jam untuk menonton film anak-anak? Lha, anak-anak ngapain dong selama 8 jam itu? Akhirnya saya paksain juga antri dan nanya kemungkinan nonton di jam 12.30.

Ternyata masih ada tiket. 6 tiket lagi, tapi tempat duduk yang paling depan. He he he, ga papa deh daripada pulang lagi. Udah janji sejak sebulan yang lalu sih sama anak-anak. Tiketnya murah meriah, sekeluarga hanya RM 28. Kalo dirupiahkan, ngga sampe seratus ribu. Bioskopnya sekelas 21.

Film baru akan dimulai satu jam lagi, jadi kami nunggu di tempat bermain anak. Menjelang jam 12.30 sekeluarga pergi lagi ke bioskopnya. Wah ternyata banyak juga anak-anak yang menonton. Dan yang bawa bayi ngga cuma saya sendiri. Bahkan ada yang bawa baby stroller.

Saat menonton, jadi teringat kenangan masa SD dulu. Ada beberapa kali dari SD kami diwajibkan menonton film perjuangan macam kabut sutra ungu, stasiun terakhir, dan lainnya. Kami harus berjalan kaki sejauh 3 km dari SD sampai ke bioskop. Dalam bioskop, jelas suara yang paling dominan berteriak, tertawa, dan berseloroh adalah suara anak-anak. Begitu juga di film Upin dan Ipin ini.

Filmnya cukup menghibur, ada yang lucunya dan juga yang menyeramkannya. Kualitas animasi cukup bagus. Cerita di awal juga lumayan. Tapi terganggu dengan akhir cerita.

Biasanya film Upin dan Ipin versi televisi yang cuma 5 menit itu mengambil cerita seperti kehidupan nyata. Yah, yang menghibur dari kegiatan sehari-hari lah. Ngga ada unsur supranatural atau yang aneh-aneh gitu lah.

Dalam film versi layar lebar ini, akhir cerita yang mengikutsertakan unsur ga jelas, malah mengurangi keasyikan awal cerita. Binatang jejadian yang menyeramkan dan berasal dari dunia lain, sepertinya ngga cocok buat film ini. Padahal, kalo misalnya dibikin binatang jejadian dari orang yang menyamar mungkin akan lebih menarik. Kalo yang seperti film ini, agak susah juga menjaga image film Upin dan Ipin versi layar kaca yang serba nyata.

Btw aniwe, filmnya cukup menghibur dan menyeronokkan kata anak-anak saya. Bahkan mereka minta diajak nonton lagi. Gile kali ye, masih kecil sudah jadi sufi (suka film red.). Ortunya aja jarang ke bioskop, masa anaknya sering. He he he.

Buat yang di Indonesia, tunggu aja DVD nya sebelum bisa nonton filmnya. Atau datang aja deh ke Malaysia, kan sudah murah tuh tiket pesawatnya.

http://www.schoolofuniverse.com/2009/02/upin-dan-ipin/

Upin dan Ipin 2

Sep 21, ’08 12:01 PM

Horreee… filem animasi upin dan ipin 2 telah tayang… kali ini bertajuk “Setahun Kemudian”. Tetap bercerita tentang ibadah puasa, budi pekerti dan kenakalan anak-anak..

Hanya saja untuk seri ke 2 ini, pelajaran puasanya agak lebih serius. Seperti, bagaimana kita tahu akan mulai berpuasa. Seperti biasa si kembar dikerjain oleh Kak Ros, mereka melek hingga tengah malam karena ingin melihat anak bulan sebagai pertanda mulai puasa.

Atau ketika si kembar ipin&upin bertanya, kenapa cekgu (guru) jasmin tidak mau puasa. Untuk menjawab pertanyaan ini, opah menyerahkan jawabannya ke Kak Ros dan dijawab dengan cukup diplomatis. “iyelah, kite perempuan nie istimewa sikit, Tuhan lebih sayang..”

Ada juga dengan kebiasaan dalam menyambut malam lailatul Qadr, yaitu dengan memasang lampu colok. Nah kebiasaan ini yang mulai punah di Rengat. Dulu terasa banget malam bulan Ramadhan dengan adanya lampu-lampu colok ataupun lampu dari bambu di tiap-tiap rumah.

Kalo diceritain semua gak selesai-selesai nih… nonton langsung aja ya…

Oiya, serial Upin dan Ipin 1 ternyata telah tayang di TPI akhir Agustus lalu…

Kali ini filem upin dan ipin bisa ditonton dan didownload di situs resmi mereka www.upindanipin.com.my. Selain filem, kita juga dapat download ringtone dan wallpaper loh…

http://shaputra.multiply.com/journal/item/28/Upin_dan_Ipin_2

Film Barat dan Jepang yang tidak sesuai dengan ajaran Islam:

http://media-islam.or.id/2009/08/11/mewaspadai-tayangan-kekerasan-dan-seks-pada-film-kartunanak-anak

Bagi yang ingin infaq fi Sabilillah guna terjaganya situs Media Islam dan juga situs-situs lainnya, bisa transfer (berapa saja) ke:

Rekening BCA Wisma GKBI 0061947069 a/n Agus Nizami

Anda juga bisa membantu dalam bentuk lain. Info selengkapnya ada di:

http://media-islam.or.id/kerjasama

101 comments to Upin dan Ipin: Film Kartun Anak-anak yang Islami

  • Ipi upin emng jos.. saya dan anak saya sampe gak “kedep” :D

  • shark killer

    kak ross tu udah ada yang punya kah..?

  • arinda

    O M G,,
    {OH MAY GOOD}
    KAPAN NI MAEN KEMAREN KO GK MAEN CII AK TNGGU LOH TAR MALEM JGN GAK YYY…
    FLIM KREN AKU JGA ORG MALAYSIA LOHH….

  • FRENKKY

    AKU STUJU SMA ARINDA… AKU JGA ORNG MALAYSIA WE LOVE UPIN IPIN X AN LUCHU2 BAGT C AKU GEMESSS BGGT DEH “X AN JGN LPA NNTN UPIN & IPIN”

  • Budi

    Di INDONESIA tercinta ini buanyak vcd ISlami yang bercerita tentang anak-anak ISlam Indonesia.. kok ya mau-maunya ngambil produk sontoloyo Malingsia. Apa ente-ente sudah gak punya harga diri dan rasa malu ngambil produk negeri jiran jaran malingsia? Pakai lah produk sendiri, huh.. memalukan saja!! Logatnya aja logat melayu jelek buanget poll!! bisa merusak tata bahasa anak indonesia, hati2 ini propaganda malingsia!!! Anak saya alhamdulillah subhanallah tidak pernah nonton karena saya larang, haram di rumah saya nonton upin upil ini ..!

  • nizami

    Untuk Budi sebaiknya anda istighfar.
    Ummat Islam itu bersaudara. Ummat Islam itu ibarat satu tubuh.
    Allah memerintahkan ummat Islam untuk bersaudara [Al Hujuraat:10].
    Tapi ummat Islam Indonesia memandang ummat Islam Malaysia sebagai musuh.

    Allah melarang ummat Islam saling merendahkan dan menghina [Al Hujuraat:11].
    Tapi ummat Islam Indonesia menghina Muslim Malaysia dengan “Malingsia”.

    Indonesia dan Malaysia itu mayoritas penduduknya sama2 Islam. Menghina sesama Muslim itu sama buruknya dengan memakan bangkai saudaranya sendiri.

    Media massa kita banyak dikuasai kaum kafir. Mereka bisa mengadu domba ummat Islam Indonesia dengan Malaysia.

    Ketahuilah bahwa Indonesia dan Malaysia pernah bersatu zaman kerajaan Sriwijaya, Majapahit, dan Kerajaan Malaka. Penjajah Inggris dan Belanda-lah yang memisahkan kita. Silahkan lihat Peta Sriwijaya dan Majapahit di:
    http://kabarislam.wordpress.com/2009/08/26/muslim-indonesia-dan-malaysia-siap-perang-berebut-tari-pendet

    Banyak warga Malaysia seperti istri PM Malaysia sekarang adalah keturunan Indonesia (dari Padang). Ada pula dari Banjar, Bawean, Bugis, dsb. Di Indonesia pun ada juga yang keturunan Malaysia.

    Banyak Muslim yang membuat film Upin dan Ipin. Temanya juga banyak menyangkut tentang Islam seperti shalat, puasa, zakat, tarawh, sb. Perempuannya memakai jilbab jika keluar rumah.

    Ini lebih baik ketimbang film kartun Barat/Jepang yang jorok seperti Shinchan, Power Rangers, dsb:
    http://media-islam.or.id/2009/08/11/mewaspadai-tayangan-kekerasan-dan-seks-pada-film-kartunanak-anak

    Film di atas selain jorok juga kadang menampilkan tema Natal yang bisa memurtadkan anak2 kita. Kenapa anda tidak mengkritik film2 yang dibuat orang kafir tsb?

    Ummat Islam itu sayang-menyayangi sesama dan keras terhadap orang kafir. Kenapa anda keras terhadap ummat Islam malaysia dan lembut terhadap orang-orang kafir Barat?

    “Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka…” [Al Fath 29]

    Bahasa Melayu adalah satu bahasa di Indonesia (orang Sumatera dan Kalimantan memakainya). Bahkan Bahasa Indonesia sebenarnya berasal dari Bahasa Melayu (Melayu Riau). Silahkan baca:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia
    Kenapa anda menghina jelek? Apa anda pikir bahasa Papua lebih bagus>

    Saran saya pelajari Al Qur’an dan sami’na wa atho’na terhadap perintah Allah.
    Jangan sombong dan membangkang seperti iblis.

  • badegol

    Betul…betul…betul…aku setuju apa yang dikatakan nizami, gak usah asal muasalnya dari mana yang penting isi cerita / pesan moral yang disampaikan bagus dan mendidik khususnya buat anak-anak. Meskipun saya sudah berusia 22 th aja suka banget nonton upin & ipin diputar berkali2 juga gak bosen. Nonton upin & ipin karena isi ceritanya gak berlebihan, seperti yang biasa kita lakukan shari2, sederhana tapi jelas.
    Good luck Upin & Ipin….!!!

  • jinny

    budi…budi ! kamu sekolah gak, pola pikirmu kaya anak TK aja.

  • budidaya

    budi keliru. justru dengan diputarnya upin dan ipin wawasan kita bisa bertambah

  • wawan

    meskipun gue anak asli putra bangsa Indonesia..
    gak ada lasan buat gue gak suka ma Upin dan Ipin..
    gak usah denger tuh omongannya si budi anduk.. gak sema orang indonesia begitu kok.. lanjutkan Upin Ipin

  • alan

    bener tuhh..
    gue juga orang indonesia yang cinta tanah air..
    tapi kan ini dalam keadaan berbeda,, meskipun film Upin dan Ipin itu buatan malaysia. bukan berarti kita orang Indonesia dilarang menontonnya.. jika dilarang sama aja kita larang anak cucu kita belajar islam. ya kan..?? buat sahabat2ku di malaysia,, jangan di dengar tuh omongan ngaconya si budi. palingan di mulut aja dia gitu gue yakin dia juga sering nonton upin kok. he..he…
    lagipula gue rasa udah hampir 60% orang indonesia utamanya anak2 menyukai film nii.. good luck buat upin dan ipin.. produksinya ke indonesia ditambahin lagi donk..

  • Aan Nugroho

    Hai kawan2.. Kenyataannya, Malaysia lebih dulu dan berani mencoba membuat karya film kartun (3dimensi lagi). Saya sedang mengkaji kemungkinan untuk membuat film kartun yg mencerminkan budaya Indonesia. Masih ingat kan, film boneka serial “Si Unyil” juga sempat sangat terkenal & banyak negara2 di dunia ini yg mempelajari fenomena si Unyil ini. Nah, saya mengundang kalian2 semua yg siap bekerja atau urun rembug mengenai ide saya ini. Mari berkarya bagi negeri kita tercinta, sekaligus menapak karir di dunia film kartun.

  • nizami

    @Aan Nugroho: Terimakasih mas Aan. Jika butuh bantuan animasi OS seperti Blender, bisa hubungi akh Endra Giri. Sekedar saran, sebaiknya setting filmnya di desa karena suasananya segar dan alami.

    Saya lihat setting film anak2 yang “box office” seperti Unyil, Upin dan Ipin, serta Si Doel Anak Betawi Asli itu settingnya setting desa/kampung:
    http://www.youtube.com/watch?v=KqLYCIGDzss

    Kemudian kalau bisa kelucuannya alami anak2 seperti Upin dan Ipin. Tidak jorok atau vulgar. Contohnya Upin dan Ipin yang mengendap2 keluar rumah namun balik lagi ketakutan karena mendengar suara geledek, atau Upin dan Ipin yang kecapean karena bermain2 di bulan puasa.

    Kata2 bijak seperti “hujan itu rahmat” atau tentang puasa, hari raya, dsb mudah2an juga ada tentu dgn versi berbeda sehingga filmnya bisa diputar di momen2 hari raya Islam.

  • jessisa amelia

    bagus juga kasih yang baru dong

  • ELSA OKTAVIA

    FILM NYA LUCU AKU SKA FILM UPIN & IPIN

  • irwanto

    tolong acara upin&ipin salurkan di INDONESIA agar anak2 indonesia asik nonton dr pd bermain

  • bayu samudra

    jangan lupa nonton acara upin &ipin di TPI

  • Abu Hala

    upin dan ipin bagus dan mendidik ana-anak untuk belajar agama islam…

  • aku titip salam aja dech buat upin dan ipin, ka rose, opa, jarjit, memey, mail, fizzi, ce gu, datuk dll.
    salam sukses selalu.

  • halo upin dan ipin aku namanya amalia

  • Zheila nadya aqlina

    film upin ipin lucu banget ya udah gitu dari malaysia pokok nya lanjutin terus filmnya ya aku seneng yang tentang perkebunan lo lanjutin lagi ya buat upin, ipin ,mei mei ,fizi jarjit ,ihsan,mail ,kak ros,opah,

  • shazli

    I like upin&ipin movie,sangat menghibur dan mendidik…betul,betul,betul…..tp koq tiap hari di TPI indonesia film di ulang2 trus..yg barunya mana…..

  • Ea nK MnRt GuE CiH,,fIlM UpIn dAn iPiN ItU,,bSa mNbAh wAwAsAn KtA TaU,,SOaLe d`FiLm uPiN DaN IpIn bNyAk k`jAdIaN yAnG MeNyAnGkUt k`BaIkAn,,,CoNtOhNyA PaS EpIsOdE:hArI IbU,,wLpUn uPiN DaN IpIn TdK pUnYa iBu KrN IbU mErEkA SuDaH MeNiNgGaL,,mRkA TiDaK PeRnAh mEnAmPaK`N WaJaH yG SeDih,,DyA TeTaP MerAyAKAn hArI IbU D`MaKaM IbUnYa DeNgAn KaKaKnYa yAiTu kAk rOs..TrUs sEhAbIs PuLaNg dArI MaKaM MeReKa PuLaNg dG MeNgUcAp SaLaM KpD NeNeKnYa yAtI OpA,,tErUs sEbAgAi hArI IbU mErKa MeNgGaNtInYa dEnGaN HaRi OpA,,kRn mErEkA TaU KaLaU SeLaMa InI Yg mEmBeSaRkaN MeRkA AdAlAh OpA,,dAn mErEkA SaNgAt mEnYaYaNgI oPa. . .nAh tEmAn”JaNgAn kAlIaN SeSeKaLi MeMbAnTaH/bErAnI KePaDa OrAnG TuA aTaUpUn yG TeLaH yG MeMbEsArKaN kItA,,kArEnA ItU PeBuAtAn Yg tErCeLa dAn tIdAk TRpUjI,,oKeY

  • Bagja

    upin ipin menghibur anak anak gw, dengan menyelipkan didikan islami secara sederhana yang mudah di”cerna” anak anak gw. Buat Malaysia, keren kartunnya… buat PH di Indonesia (Negara gw sendiri) stop sinetron ga karuan & ga beres beres. buat yang marah marah …… sori bro, hiburan anak gw, selain Sibolang, ya upin ipin.

    buat Aan Nugroho: Semangat,,, Pasti Bisa

  • OwReEeT CuY…????????????oEa gW tGu dH FiLm uPiN DaN IpIn yG BrU..mCa CiE Dr dLu kUg iTu”mElUlU Ea eMaNg cIeH Gk nGeBoSeNiN Tp,tOlOnG D`Bt yG SeRi bArU Ya??BiAr NtInYa OrG yG LeAt iTu fIlM gK GmPg bOsEn gTw????????GuE Yg uMuR`E dH 16 tH AtJaH McI SkA KuG LeAt iTu fILm,,CoZ LuTcU&kOcAk aBiEs,,ApA lG kLo MrKa pD nGmG bEtUl. . BeTuL. . bEtUL,,jD Bt kLiAn Yg sKa lEat FiLm gK JeLaS MnDnGaN LeAt aTjAh UpIn dAn iPin,,PsTi d`jMiN sErU AbIeSsS aPa lG NeK LeAt`e bArEnG”wAh jAn gAyEnG TeNaN,,cUy…

  • Budi nggak punya peri kemanusiaan,BETUL?
    UPIN&IPIN ceritanya luchu xox, q setuju ma Jinny, kamu nggak menghargai produk negara tetangga kita. Q jg setuju ma Nizami, klu qt pernah bersatu dngn malaisia, bkn MALINGSIA loch, penjajahlah yg telah memisahkan indonesia dengan indonesia. betul…betul…betul…?

  • halo upin dan ipin kamu kapan ke indonesia

  • halo upin kamu sanggar keren sekali ipin kamu lucu banget

  • RIDI

    OY SBNARX BHS YG D KLOR KN DLM CRTA UPIN DAN IPIN TU BHS SUNDA PA MALASIYA……..??

  • RIDI

    UPIN IPIN U TU CKEP BUANGETTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT!!!!!!!!!!!
    KAK ROS U DAH PX CWOK PA BLM N KL BLM NI DA YG MO DFTAR

  • chacha

    HALO……….? ASSALAMU ALLAIKUM APA KABAR UPIN,IPIN,EHSAN,MAIL,FIZI,MEMEY,KAK ROS,ATOK,OPAH,BU JASMIN,RAJOO,SUSANTI,AND JARJIT.SEMOGA BAIK-BAIK SAJE.UPIN MAKIN LUCU BETUL,BETUL,BETUL IPIN JUGE LUCU SEKALI.

  • wah buuuuuuuuuuaaaaagus yaaa kalau nggak lihat upin ipin paaaassssti rugi

  • lili

    baguuuuuuss, baguuuuus,sy suka tu..

  • wawan

    upin and ipin top banget deh betul betul

  • RAMA CIUT

    HAI NI AQ PENGEMAR BERAT MU

  • RAMA CIUT

    TLNG KRM KAN VIDIO
    KM KE 081990053033 OC

  • Veronika Kiky Anggraini

    waH ..
    upIN emanG josS ..

    kaPaN neG INDO ??????

  • adym

    terus makin banyak episodenya jadi makin sering nontonnya

  • hany

    film upin dan ipin bagus banget dech…… lucu;seru

  • fifi

    film upin dan ipin jga bisa d tonton oleh anak remaja dan jga anak kecil filmnya sangat lucu dan menarik……..

  • ita

    As’salammualaikum wr..wb…
    salam ukhwah dari ita..
    ita cukup gembira @ senang kerana cerita ipin upin di terima dengan baik di Indonesia..dan ita sangat bangga dengan cara pemikiran anda semua yg menerima hasil karya dari Malaysia..ini membuktikan bahawa rakyat Indonesia mmg baik..jangan pedulikan org yg ingin kita saling bermusuh..kerana itu tak memberi apa2 hasil yg bermanfaat di masa akan datang…

    salam persaudaraan dari ita di Malaysia….(^_^)

  • UPIN DAN UPIN LUCU,PISAN.DEH!
    BAGUS,TUK FILM SEMUA UMUR.DEH!
    SOALNYA HIBUR BANGET.

  • upin & ipin ngomong ya pake bhs indonesia aza donk????????????

  • Luqmaan

    We have to support Moslem Animation !!!!

  • memang bener lucu + mendidik….saya suka logat mereka klo bicara…kental sekali nuansa melayunya..

  • elok hardani

    saya suka ma saya suka…..jarjit singh itu loh….kog pantuna mulai dari dua tiga melulu satuna dilewati yaaaa,,pa jarjit emang belom bs ngitung lancaaaaaar??/

    hehehehe jarjit jarjit

  • elok hardani

    mail dua ringgit nyatana ada loh di kampusquwh,,,,hohow mripat artonen,,alias mata duwitan….dokter ravi cakepssss hueeeehee

Tinggalkan Balasan