Infaq Dakwah

PayPal: agusnizami@yahoo.com.sg Rekening BCA 0061947069 a/n Agus Nizami

Twitter

Inilah Ciri-ciri Muslim Sejati : Ummat Islam berkasih sayang terhadap sesama, namun keras terhadap orang-orang kafir: mediaislamraya.blogspot.com/2…

Mencegah dan Mengobati Stroke dan Darah Tinggi dengan Bekam (Hijamah)

Stroke, kerusakan otak disebabkan oleh kurangnya aliran darah yang mengalir ke otak. Untuk menjalankan fungsinya mengatur seluruh organ tubuh dari berjalan, melihat, hingga berpikir, otak memerlukan energi dari oksigen dan makanan yang diberikan lewat darah. Jika pasokan darah berkurang atau terhenti, maka bisa menimbulkan kerusakan otak sehingga penderita bisa lumpuh, sulit berbicara, makan, atau berpikir.

Stroke adalah penyebab ketiga kematian di AS dan merupakan penyebab utama kelumpuhan. Menurut American Heart Association sekitar 700 ribu orang terkena stroke setiap tahun di mana ¼ nya berakhir dengan kematian. Lebih dari USD 40 milyar (Rp 370 trilyun) dihabiskan untuk perawatan stroke. Stroke yang di AS biaya rumah sakitnya mencapai US$ 160 ribu merupakan satu penyebab kebangkrutan satu keluarga.

Di Indonesia penyakit stroke ini bisa menghabiskan ratusan juta bahkan milyaran untuk perawatan di Rumah Sakit

80% stroke disebabkan oleh penggumpalan darah (Ischemic Strokes). Sisanya oleh pecahnya pembuluh darah (Hemorrhagic Strokes).

Stroke disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang bisa merusak pembuluh darah, merokok, dan kolesterol yang menyebabkan penggumpalan darah.

Untuk mencegah dan mengobati stroke, terutama yang disebabkan oleh penggumpalan darah dan tekanan darah tinggi bisa digunakan pengobatan ”Bekam” (Hijamah), yaitu mengeluarkan darah kotor/mati dari tubuh sehingga penggumpalan darah tidak terjadi. Selain itu dengan mengurangi volume darah di tubuh, maka tekanan darah pun berkurang sehingga tekanan darah tinggi yang merusak pembuluh darah bisa dicegah. Ini seperti ban yang tekanannya tinggi (misalnya 60 Psi), begitu sebagian angin dikeluarkan, maka tekanannya pun berkurang.

Teman-teman saya yang melakukan donor darah banyak yang berkata bahwa esok hari sehabis donor badan mereka jadi lebih segar. Ini karena tubuh menghasilkan darah baru yang segar untuk menggantikan darah yang lama. Jika darah segar yang dikeluarkan ketika donor darah membuat badan segar, apalagi darah kotor yang dikeluarkan. Minimal bekam bisa dilakukan setiap 6 bulan atau setahun sekali.

Saat ini bekam dilakukan dengan 2 cara, yaitu mengiris daging disekitar pembuluh darah dengan silet/pisau tajam (tradisional) kemudian mengeluarkannya dengan cara dihisap. Yang terakhir memakai jarum (seperti tes darah/donor darah) kemudian menghisapnya ke luar dengan alat cup.

Pengobatan bekam sudah terbukti selama 1400 tahun lebih. Sudah dilakukan sebelum lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Rasanya? Tidak sakit. Jauh lebih enak ketimbang disuntik.

Setelah dibekam di wilayah bahu dan leher, kepala saya langsung berasa ringan. Waktu itu saya bekam di Kalibata Mall dengan 5 titik dengan biaya Rp 50 ribu.

Yang harus diperhatikan adalah keahlian tukang bekam. Sebagaimana dokter yang jika tidak profesional malah bisa membuat mati atau cacat pasiennya dengan malpraktek, bekam juga begitu. Mintalah referensi dari saudara atau teman anda yang pernah melakukannya agar anda tidak bertemu dengan tukang bekam yang tidak profesional.

Dengan Bekam, anda bisa mencegah dan mengobati stroke dengan murah dan hasil yang lebih terjamin. Sebab jika ke dokter dan rumah sakit, selain mahal anda belum tentu sembuh. Jika di AS yang kedokterannya maju saja 175 ribu orang mati setiap tahun karena stroke, apalagi Indonesia yang peralatannya lebih primitif dengan tenaga dokter yang keahliannya di bawah dokter AS.

Ketimbang menghabiskan uang anda di rumah sakit, anda bisa menyumbangkannya ke panti asuhan anak yatim sambil menggunakan sisanya untuk keluarga anda.

Pengobatan bekam tercantum di hadits:

Dari Ibnu Abbas r.a. Rasulullah bersabda : “Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal: dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang ummatku dengan besi panas.” (Hadist Bukhari)

Di harian Kompas pun disebut bagaimana Hengky Tornado dan Ferdi Hasan merasa lebih segar ketika dibekam. Pegal jadi hilang. Di majalah Naturaid disebut ustad Abu Bakar Ba’asyir yang sulit berjalan setelah dibekam kakinya dapat berjalan dengan lancar.

Berikut artikel tentang pengobatan bekam/hijamah di harian Kompas.

http://www.kompas.com/kesehatan/news/0402/25/212853.htm

Testimoni: BEKAM Perbaiki Saraf Motorikku

Jakarta, Rabu

Awalnya, setelah kejang-kejang karena menderita panas tinggi, Rojali (36) mengalami kelumpuhan. Setelah bisa bergerak kembali, justru saraf motoriknya menjadi tidak terkendali. Namun, sesudah bertemu Tb. Agus Mulyana, dia bisa mengendalikan kembali fungsi motoriknya.

Hingga di pertengahan tahun 2003, ada saudara yang membawa ke rumah Mas Agus Mulyana.

Rupanya, saudara saya itu mendengar cerita dari temannya yang pernah ditolong oleh Mas Agus dan berhasil, dalam artian tidak pernah mengeluh sakit lagi.

Kaki saya sempat di-kepret Mas Agus saat saya datang ke tempat praktiknya. Reaksi saraf motorik saya memang kacau menurutnya. Ia bilang saya harus menjalani terapi bekam. Tujuannya, agar darah kotor di pembuluh saraf kaki bisa segera keluar.

Awalnya kaki saya dikop untuk mencari titik mana yang akan menjadi tempat dikeluarkannya darah kotor. Akhirnya tempat penyedotan darah kotor “disetujui” di balik dengkul kedua kaki.

Saat dikop, saya merasakan gerakan kaki tidak bisa dikontrol, selalu menendang ke atas. Darah yang keluar terlihat bercampur gumpalan hitam dan sedikit berbuih. Menurut Mas Agus, ada angin yang membuat peredaran darah di pembuluh saraf jadi terhambat.

Saya sudah beberapa kali mengunjungi kediaman Mas Agus yang sekaligus menjadi tempat praktiknya. Walaupun masih dipapah, saya sudah mampu mengontrol gerakan kaki. Bahkan saya mulai bisa merasakan bila ingin buang air. Kaki saya pun sekarang sudah bisa diluruskan.

Mas Agus meminta saya untuk sabar dan rajin melakukan terapi pengobatan tersebut. Bila rajin berusaha dan berdoa, bukan tidak mungkin saya bisa berjalan lagi dengan normal.

Semoga. @ Suharso Rahman

Alamat:

Tb. Agus Mulyana

Jalan Aria Putra, Gang Sahlan

No 3 RT 03/09

Serua, Ciputat

Telp: (021) 746-31169

http://www.kompas.com/kesehatan/news/0602/22/101602.htm

Bekam Usir Penyakit Dikira Sihir

Jakarta, Rabu

Terapi bekam yang tumbuh dan populer di Tanah Arab kini mulai terlihat marak di negeri kita. Dikhasiatkan mengusir segala jenis penyakit jasmaniah maupun rohaniah.

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum kita menjalani terapi bekam?

Titik-titik darah berwarna merah kehitaman mulai muncul di leher tepat di belakang cuping aktor Henky Tornando. Perlahan-lahan cairan yang terlihat agak berbuih itu semakin banyak keluar, hingga hampir memenuhi mangkuk bekam. Meski berdarah-darah begitu, ekspresi Henky yang tiduran tertelungkup terlihat rileks saja.

Tak sampai 10 menit kemudian mangkuk-mangkuk dilepas. Darah yang tertinggal di kulit diseka menggunakan kapas. “Rasanya, tubuh jadi ringan. Pusing dan pegal tidak pernah kumat,” kata Henky yang mulai mengenal bekam sejak dua tahun lalu. Pembawa acara televisi Ferdi Hasan yang pernah sekali merasakan terapi ini memberi kesaksian serupa. “Khasiatnya instan, badan langsung terasa enteng.”

Henky maupun Ferdi telah meyakini manfaat bekam, sebuah terapi untuk mengeluarkan “darah kotor” dari tubuh guna mengusir berbagai keluhan penyakit atau sekadar menjaga kesehatan tubuh. Terapi tradisional ala Timur Tengah ini sudah populer sejak berabad-abad lalu, bahkan dianjurkan oleh Nabi Muhammad kepada para pengikutnya.

Sepintas, bekam terdengar menyeramkan, karena berbau-bau “darah”. Padahal kenyataannya tidaklah seseram itu. Bekam mengambil darah di dermis (kulit jangat) dan bukan pada pembuluh darah. “Jumlahnya sedikit sekali, seperempat liter saja tidak ada,” jelas Ustad La Ode Aly Abi Ilahy, terapis bekam dari Rumah Sehat Herba Care di kawasan Tegal Parang, Jakarta Selatan.

Pengambilan darah dilakukan menggunakan alat berbentuk mangkuk (cupping set) yang ditempelkan pada kulit. Bagian tubuh yang merupakan titik bekam terlebih dulu “dilukai” memakai jarum lancet atau bisa juga pisau cukur (silet). Dengan pompa pengisap, udara di mangkuk kemudian disedot perlahan-lahan. Akibat perbedaan tekanan udara, kulit akan terangkat dan darah merembes keluar

Tiga titik utama

* Meski dimulai sejak zaman Mesir Kuno, bahkan kemudian berkembang di banyak negara (termasuk Cina), bekam yang kini dipraktikkan di Indonesia begitu kental dengan nilai-nilai Islam.

Terapi yang dalam bahasa Arab disebut hijamah ini telah disesuaikan dengan sunah Nabi Muhammad. Tak heran, para terapis umumnya berasal dari pondok-pondok pesantren.

Nuansa Islami terlihat dari pemilihan titik bekam, yang sepintas mirip titik-titik akupuntur. Aslinya, bekam mengenal lebih dari 350 titik di seluruh tubuh. Namun, dalam praktik Aly mengutamakan 12 titik, seperti anjuran Nabi Muhammad, yang terletak di seputar kepala, leher, pinggang, dada, dan kaki. Dari situ terdapat tiga titik utama yaitu ummu mughits dan dua titik qumahduah.

Ummu mughits yang berada di atas kepala merupakan titik utama bekam, yang sekaligus merupakan pertemuan ratusan titik dari seluruh tubuh. Lewat titik ini saja bisa disembuhkan bermacam penyakit pada bagian atas tubuh, seperti vertigo, polip, gangguan saraf telinga, penyakit kulit, depresi, sampai gangguan ilmu hitam atau sihir.

Sedangkan qumahduah terletak di leher bagian belakang, tepatnya antara rambut dan cuping telinga, baik kanan maupun kiri. Titik qumahduah dan ummu mughits itu titik utama yang selalu digarap dalam sebuah terapi, ditambah sejumlah titik-titik lain sesuai keluhan pasien.

“Sejauh ini saya banyak mengobati utamanya lewat tiga titik itu saja dan ratusan pasien merasakan kesembuhan,” terang terapis yang berpraktik sejak 10 tahun lalu. Prinsipnya, tak ada bagian tubuh yang tidak bisa dibekam. Bahkan termasuk di bagian kemaluan sekalipun.

Tidak terasa sakit

* Proses terapi dimulai dengan membersihkan kulit pasien pada bagian yang hendak dibekam dengan cairan antiseptik seperti alkohol.

Jika kebetulan terdapat rambut atau bulu, maka akan dibersihkan dulu dengan cara dikerok. “Jika dibekamnya di atas kepala, ya terpaksa pitak dulu,” jelas Aly sambil tersenyum.

Setelah kulit bersih, mangkuk bekam ditaruh dan dipompa untuk mengosongkan udara di dalamnya. Pemompaan dilakukan sesuai daya tahan pasien. Di sini pasien akan merasa sedikit pegal dan kulit pun berwarna merah kehitaman. Setelah kira-kira 10 menit, mangkuk dilepas dan kulit akan terasa menebal.

Tepat di atas kulit yang menebal dilakukan penusukan menggunakan jarum atau bisa juga disayat dengan pisau cukur. Tusukan berkali-kali ini tidak keras. Ketika Intisari mencoba, memang sama sekali tidak terasa sakit. “Jika terasa sakit atau malah keluar darah, berarti itu bukan darah yang dimaksud,” kata Aly yang mengaku tidak pernah memakai alat lain, semisal pisau bedah.

Selanjutnya, mangkuk kembali ditempelkan dan dipompa. Tindakan inilah yang membuat darah keluar seperti merembes. Perlahan-lahan darah semakin banyak, bahkan menggenang di dalam mangkuk. Dalam bekam, inilah yang dimaksud “darah kotor”.

Dalam konsep bekam, darah kotor adalah darah yang tidak berfungsi lagi, sehingga tidak diperlukan tubuh dan harus dibuang. Secara spiritual, “kotor” juga berarti darah itu telah tercemar roh jahat, akibat tindak-tanduk si empunya tubuh yang tidak sesuai dengan ajaran agama. Kotor juga bisa disebabkan sihir.

Proses pengisapan darah berlangsung tak lebih dari 10 menit. Jika terlalu lama dibekam, pasien bisa merasa sakit karena kulit akan mengelupas. Kecepatan keluar darah setiap orang berbeda. Aly meyakini, orang bertempramen keras, darahnya akan lebih cepat keluar. Namun, ada juga yang keluarnya lambat dengan jumlah sedikit.

Setiap kali terapi bekam dijalankan, biasanya dilakukan dua sampai tiga kali pengisapan darah, tergantung pada jenis keluhan serta volume darah yang keluar. Jika darah hanya keluar seperempat mangkuk setiap kali bekam, pengulangannya lebih sering dibandingkan dengan pasien yang darahnya keluar lebih banyak.

Saat proses bekam berlangsung, pasien biasanya akan sedikit merasa kebas pada bagian yang dibekam. Untuk mencegahnya, terapis akan mengajak untuk menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kebas agar darah lancar kembali.

Aly berkisah, setelah berobat, pasien biasanya akan mengaku langsung merasakan manfaatnya. “Jadinya dikira sihir,” kata terapis yang belajar membekam dari Ustad Jumali sewaktu berkelana ke Malaysia awal dekade 1990-an. “Padahal ini semata-mata berkah dari Allah.”

Seusai dibekam, seseorang dianjurkan meminum minuman hangat, misalnya jintan hitam atau madu. Tidak mau tanggung, orang Arab malah meminum kuah daging kambing. Maka pantangannya adalah meminum es selama beberapa hari. Sebelum dibekam, pasien juga disarankan untuk berpuasa beberapa jam.

Pantangan yang paling utama adalah berhubungan seksual sehari sebelum dan sesudah dibekam. “Kelihatannya tidak masuk akal, tapi jangan coba-coba dilanggar,” kata terapis kelahiran Buton yang sehari-hari dipanggil ustad ini. Bekam juga tidak dilakukan pada hari Rabu dan Sabtu, sesuai sunah Nabi Muhammad.

Terapi tanduk

* Demi menjaga kebersihan, Aly selalu menggunakan jarum dan pisau cukur sekali pakai.

Sebelum dan sesudah dilakukan bekam, tubuh pasien maupun peralatan akan dibersihkan menggunakan alkohol. Seorang terapis bekam yang baik juga selalu memakai sarung tangan karet saat menangani pasien.

Saat ini pengobatan bekam mencatat kemajuan besar karena menggunakan mangkuk cupping set yang modern dari plastik. Pada masa silam, pernah digunakan tanduk binatang sehingga dinamai terapi tanduk. Pernah pula dipakai botol bekas kopi instan dan sebagai penghampa udaranya adalah api. “Sakitnya minta ampun,” kenang Aly yang kali pertama dibekam pada 1991.

Dengan mangkuk plastik, pasien merasa lebih bersih. Pemompaan dengan hand pump juga dapat mengontrol daya tahan pasien. Alat-alat buatan Taiwan ini mudah ditemui di toko-toko obat dan alat kesehatan. Jika pasien hendak membeli sendiri untuk terapi, Aly mempersilakan.

Terlepas dari rasa risih pasien, bekam sebenarnya tidak melulu harus mengeluarkan darah. Ada jenis bekam kering (hijamah rothbah), di mana kulit hanya disedot dengan mangkuk tanpa dilukai jarum dan keluar darah. Tindakan ini dikenal oleh banyak kalangan sebagai dikop.

Fungsi bekam kering memperlancar aliran darah beku atau mengalirkan darah ke bagian tubuh yang kekurangan. Sepintas mirip kerokan. Biasanya, bekam kering dipakai sebagai kombinasi bekam basah. Misalnya, pada pengobatan impotensi, dilakukan bekam basah pada lima titik di pinggang dan bekam kering pada perut.

Dua dokter

* Perbedaan penggunaan teknik bekam ini juga dapat mengindikasikan tingkat keahlian terapis bekam.

Aly mengakui, bekam cukup mudah dipelajari hanya dengan dua atau tiga kali belajar. Bekas murid-muridnya kini sudah tersebar dan nyaris tak terhitung lagi, termasuk dua dokter di Sulawesi yang menjadikannya sebagai alternatif pengobatan. “Tapi jika bekam diterapkan secara tidak benar, kasihan pasien,” katanya dengan nada bijak.

Ciri bekam yang benar juga bisa dilihat dari tusukan jarum. Tusukan ini cukup lembut, sehingga tidak langsung keluar darah. Ketika mangkuk dicabut, juga tidak ada darah yang keluar lagi. Luka bekam juga tidak terasa perih di saat pasien mandi selesai berbekam. Luka tidak cukup dalam sehingga pasien diabetes pun dapat dibekam.

Kebanyakan pasien umumnya tidak perlu bolak-balik untuk dibekam. Permintaan justru datang dari pasien sendiri yang kepingin tubuhnya terus disegarkan. Kecuali kasus seperti penyakit jantung dan stroke, menurut Aly, butuh beberapa kali bekam.

“Makanya aneh jika ada pasien yang mengaku berkali-kali dibekam, tapi tidak ada hasil yang baik,” kata terapis yang mengaku rutin berbekam setiap empat bulan ini.

Menurut Aly, kini banyak terapi bekam yang ditawarkan dengan berbagai metode. Maklum, pengobatan ini berkembang di beberapa belahan dunia, termasuk beberapa di antara mereka adalah bekas murid-muridnya. Sejauh ini mereka saling berhubungan untuk bertukar pengalaman demi memajukan bekam. “Tapi semua itu adalah cara saja. Semata-mata kesembuhan memang hanya berasal dari Allah,” kata Aly. Bagi yang meyakini, bekam memang salah satu cara yang bisa dipilih. *

Alternatif Tempat Bekam:

  1. Rumah Herbal Sinergi Alam, Kalibata Mall, Jakarta Timur (Kiyay Uwan di 021-91455789. dengan jarum)
  2. Klinik Bekam dan Herbal Asy Syifa Holistik, Jl. Otista III, Komp. I No. 27, Jakarta Timur (Telpon ikhwan: 02145622232, 081311227215 – akhwat (dengan perjanjian): 08568593366 dengan jarum)
  3. Assabil Holy Holistic (HP 081382662355 – dengan pisau bedah)
  4. Tb. Agus Mulyana,Jalan Aria Putra, Gang Sahlan,No 3 RT 03/09,Serua, Ciputat Telp: (021) 746-31169
  5. Dr. Abu Hana dan Istri HP 08562908112 http://kaahil.wordpress.com – Bandung

Nomor 1-3 saya sudah mencobanya.

Cabang BRC

* BRC Margahayu (Cabang Baru)

Jl. Kopo-Margahayu 358 (Sebelum Margahayu Permai)

Telp. 022-76206037

* BRC Marga Cinta (Cabang Baru)

Jl. Margacinta181 (Depan taman Pluto Margahayu Raya)

Telp. 022-76780415

* BRC Rancaekek (Cabang Baru)

Jl. Raya Rancaekek 314 (warung cina) 100 m dari yomart

Telp. 022-76208933

* BRC Cianjur (Cabang Baru)

Jl. Raya Ciherang 113 B (depan Matrial Sejati)

300 m setelah rindu alam 3

TLP. 0263-5890180

* BRC SOREANG (Cabang Baru)

Jl Soreang Cingcin 434

50 m dari Per3an Gading Tutuka

Telp. 022-76477272

* BRC CILEDUG (Cabang Baru)

KOMPLEK DEPT. KEUANGAN

Jl. Ciremai Raya No. 49 Karang Tengah, Ciledug Tangerang.

Telp. 021-68772780 Hp. 08131701052

* BRC Bandung Utara

Jl. Geger Kalong Girang No. 54 (100 m dari Masjid DT) (022) 200 8187

* BRC Bandung Timur

Jl. PHH Mustofa (Suci) No. 137 (500m sebelum Cicaheum)

(022) 727 8 36, 727 87 63

* BRC Bandung Barat

Jl. Cihanjuang 34 Cimahi (100 m dari Jl. Raya Cibabat)

(022) 70 3333 84

* BRC Bandung Selatan

Jl. Cibaduyut Raya No. 7

(022) 700 57 600

* BRC Buah Batu

Jl, Terusan Buah Batu 280

(022) 705 09 725

* BRC Cibiru

Raya Cibiru Wetan No. 54

Depan UPJ PLN Cileunyi

(022) 704 205 44

* BRC Cijerah

Cijerah 2 Blok 2 Jl. Cempaka No.79

(022) 700 46 504

* BRC Antapani

Jl. Kawali I No.8

(022) 705 53 442

* BRC Tanjungsari

Jl. Raya Tanjungsari 307

(022) 709 315 73

* BRC Padalarang

Jl. Raya Caringin No. 367 (200m sebelum Tol Padalarang )

(022) 700 69 773

* BRC Garut

Jl. Papandayan No. 18

(50 m Lampu merah maktal)

0262- 234 907 / 0262-4608077

* BRC Cikarang

Jl. Tarum Barat 2 Golden Arcade 25

Perum. Cikarang Baru, Cikarang

Telp. 021-33282968 / 021-89843261

* BRC Jakarta

Jl. Raya Pasar Minggu No. 12 B

(samping masjid At Taqwa)

Telp. 021-799414 / 021-32894801

* BRC Bekasi

Jl. Raya PuloRibung Taman Galaxy Ruko Griya Alifa Blok C1 No.12 Bekasi Selatan

(depan Masjid Muhammad Ramadhan)

Telp.021- 82434383 / 021-32514599.

* BRC Tangerang

Jl.Ciledug Raya No.35

Kreo Tangerang (Smpg Giant)

(021) 236 57 311

BRC Mobile

* Pasir Ris Blok 456 Lt. 6 Singapore

Apartemen Muhibah

Jl. Klang Lama Taman Desa Kuala Lumpur – Malaysia

Konsultasi BRC: 022-70421154

Layanan SMS BRC: 081 22 4444 335

Informasi Lowongan Kerja, Pendidikan & Pelatihan: 022 – 76 64 72 72 atau 022 – 760 900 14

atau SMS ke 085 221 303 313

BRC buka setiap hari, termasuk hari Ahad dan hari libur, pukul 09.00 s.d. 17.00 WIB kecuali Jum’at, pukul 13.00 s.d. 17.00 WIB

Khusus BRC Jakarta, Sabtu & Ahad buka sampai pukul 21.00 malam

http://www.klik-brc.com/index.php?option=com_content&task=view&id=53&Itemid=2

http://www.freewebs.com/agungy/daftarklinik.htm

13 comments to Mencegah dan Mengobati Stroke dan Darah Tinggi dengan Bekam (Hijamah)

  • medi

    ustad Ali,ayah sya sekrg sedang sakit stroke dlm usaha melakukan pengobatan sudah banyak caratetati blum ada hsilyg cukup,sya disini minta ksediaan ustad ali untuk melakukan hijamah kpada ayah saya,itu tergantung kepada kesediaan ustad ali,alamat saya jl.lintas timur desa talang pangeran kec.teluk gelam kab.oki n0 14 palembang sumatra selatan atas nama M.DANO, saya berharap sekali ustad ali mau,sebelumnya saya ucapkan terima kasih.was.medi

  • nizami

    Coba kontak Ustad Kathur di 021-32553232 atau email aho2_assabil@yahoo.co.id
    Murid Ustad Kathur ada juga yang di Palembang.
    Mudah2an Allah SWT bisa menyembuhkan ayah antum.

  • Sugiantoro

    Apakah anda punya obat stroke di syaraf telinga,harap menghubungi no hp saya di no 081390024859

  • fitri

    Ass. tolong pak ustad aq minta alamat tempat2 bekam di daerah sekitar kp, melayu, cipinang dan sekitarnya ( jakarta timur).
    tolong dikirim ke alamat email : fitri_private@yahoo.co.id. Selama ini teman saya mengalami penyumbatan pembuluh darah di otak dan diobati melalui dokter & therapy akupuntur.
    Apakah selama menjalani akupuntur bisa berbarengan dengan bekam. Thank’s. Was

  • nizami

    Coba As Sabil Holy Holistic, nomor telpon ada di atas. Itu di jl Cipinang Cempedak 4

  • sundari

    ass, pak ustad saya mau tanya ada ngga alamat praktek bekam di daerah purwakarta, klo ada bisa kirim alamatnya ke email ku : ndari _yanti@yahoo.com
    terima kasih pak ustad sebelumnya

  • Santosa

    Saya sangat percaya akan khasiat bekam. 2 tahun yang lalu saya pernah menderita alergi batuk/asma atau alergi kulit / biduran. Namun setelah di-bekam Alhamdulillah sekarang sakit saya tersebut hilang.
    Sebenarnya bekam ada ilmunya.Di kota saya tinggal di Bontang Kaltim pernah mendatangkan pengajar bekam.Tidak sulit untuk melakukan bekam.Belajar 1 hari + diberi peralatan bekam + buku telnik bekam, anda akan mampu melakukannya.Dulu biaya sekitar 350rb/org

  • Hendra

    alternatif lain

    Pengobatan Thibun Nabawi – Ust.Daud
    Jl. Raya Pekayon Bekasi, sebelah mesjid besar pekayon

  • andi

    ayah saya sdh prnah dibekam 3 kali untuk mengobati stroke tapi tdk ada perubahan sama sekali
    kami dari gresik

    • nizami

      Untuk Stroke itu bekamnya 4-6 kali (tiap bekam selang 2 minggu) di berbagai titik di bagian tubuh mulai leher, bahu, punggung, pinggang, hingga kepala. Sebaiknya pembekamnya yang ahli sehingga betul2 steril, titiknya tepat dan jumlah darah kotor yang keluar juga optimal.

      Selain itu juga disertai dengan minum madu, habbatus saudah, dan juga makanan yang 4 sehat 5 sempurna seperti mengurangi nasi dan makanan berdaging, kemudian menambah buah misalnya jus pisang, jus melon, jus jeruk, jus pepaya, dsb.

      Jika masih bisa bergerak, cobalah bergerak/berolahraga agar perlahan fisik menguat (fisio therapy).

  • herman

    anak saya 3th menderita hemofilia / kekurangan faktor pembekuan darah. pengobatan apa yg cocok untuk anak saya..

  • jamaludin

    pak ustad biya sekali berobat nya brp ,,

  • nizami

    Biayanya berbeda-beda pak.
    Ada yang pasang tarif misalnya Rp 50 ribu, Rp 150 ribu, Rp 300 ribu sekali bekam, ada pula yang tidak pasang tarif.

Tinggalkan Balasan