Nabi Muhammad Manusia Paling Sempurna di Dunia

Infaq Dakwah

PayPal: agusnizami@yahoo.com.sg Rekening BCA 0061947069 a/n Agus Nizami

Twitter

Inilah Ciri-ciri Muslim Sejati : Ummat Islam berkasih sayang terhadap sesama, namun keras terhadap orang-orang kafir: mediaislamraya.blogspot.com/2…

Tips/Cara Membuat Website di Internet

Mungkin anda pernah mendengar atau membaca seperti ini:

http://republika.co.id

http://www.detik.com

http://eramuslim.com

Itu semua adalah laman, website atau situs Internet. Bagaimana cara membuatnya? Anda ingin tahu? Kalau ya, silahkan baca artikel ini.

Manfaat website bermacam-macam. Bisa untuk memuat berita/informasi seperti situs di atas. Bisa untuk promosi atau memasarkan produk/jasa dari usaha yang anda miliki contohnya www.sendailogistics.com . Bisa juga untuk berdakwah atau sarana pendidikan contohnya www.media-islam.or.id, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Saat ini ada lebih dari 1,2 milyar pengguna internet di dunia dan 30 juta di Indonesia. Oleh karena itu jika anda punya situs di Intenet, itu akan membantu pengguna Internet untuk mengetahu produk/jasa/dakwah anda. Misalkan anda berjualan sepatu dan punya website yang sudah didaftarkan di Internet, maka ketika orang mencari jual sepatu lewat mesin pencari, website anda bisa muncul.

Sebagai contoh jika di www.google.com kita ketik key word dengan “Media Islam” (dengan atau tanpa tanda kutip) maka akan muncul situs www.media-islam.or.id di halaman pertama.

Pemilik situs www.sendailogistics.com membuat website agar ketika orang kontak lewat telpon atau email, tinggal menunjuk situsnya sehingga tidak menghabiskan banyak waktu untuk menjelaskan prosedur dan rincian pengiriman barang.

Jika anda berjualan baju atau sepatu misalnya, dengan menampilkan gambar contoh berikut pilihan warna dan ukuran di internet, maka calon pembeli tinggal memilih model, warna, dan ukuran yang sesuai, kemudian BARU anda membuat baju/sepatu tersebut. Dengan cara ini anda terhindar dari resiko kerugian membuat produk yang tidak laku.

Bayangkan, jika anda harus membuat baju atau sepatu dulu ada kemungkinan 70% produk yang anda buat tidak laku terjual. Karena bisa saja pembeli tidak cocok dengan modelnya. Jika cocok dengan modelnya, belum tentu cocok dengan warnanya. Jika cocok dengan keduanya, belum tentu ukurannya cocok. Jika produk anda bernilai Rp 100 juta, maka kerugian anda karena produk tidak laku bisa mencapai Rp 70 juta. Jadi penawaran produk di website Internet bisa meminimalisir kerugian tersebut.

Di www.media-islam.or.id dan www.syiarislam.wordpress.com saya memuat berbagai artikel Islami seperti ”Bukti Tuhan itu Ada” untuk menambah keimanan. Dalam setahun ada 440 ribu page view yang diakses orang dari seluruh dunia. Coba seandainya kita cetak brosur dengan biaya @ 100, maka kita perlu Rp 44 juta/setahun untuk ongkos cetak dan distribusinya. Padahal biaya yang saya keluarkan waktu itu kurang dari Rp 2 juta.

Ok, setelah kita paham manfaat Internet, lalu bagaimana cara membuatnya?

Di Internet ada provider laman gratisan seperti www.wordpress.com. Namun ini tidak boleh digunakan untuk komersial atau berdagang. Selain itu nama domainnya pun ada embel-embel nama provider tersebut seperti namaperusahaananda.wordpress.com. Ini mengurangi bonafiditas perusahaan anda (selain sebetulnya melanggar aturan).

Tapi jika kantung anda cekak dan ingin berbisnis, lebih baik pakai blogspot.com. Blogspot lebih toleran dalam hal bisnis sehingga anda bisa menambah bermacam link bisnis di situ seperti google adsense, dan sebagainya.

Anda juga bisa mendapatkan nama domain gratis yang tidak seperti “gratis” seperti www.alwashiyyah.co.cc

Namun setelah setahun, anda biasanya diminta untuk membayar. Jika tidak, maka performancenya sangat buruk dan kita malas untuk memakainya. 

Bandingkan dengan domain seperti namadomain.co.id. Nyaris tak ada beda kan? Untuk dapat nama domain gratis bisa daftar dengan mengklik:

http://www.co.cc/?id=151405

Setelah dapat nama domain gratis, misalnya namaanda.co.cc, anda bisa dapat webhosting gratis untuk tempat file-file domain anda. Anda bisa klik:

http://www.000webhost.com/80003.html

Anda harus mengisi nama domain anda di situ, misalnya namaanda.co.cc. Kemudian anda akan mendapat NS1, dan NS2 (misalnya: ns01.000webhost.com dan ns02.000webhost.com) untuk diisikan nanti di co.cc.

Setelah itu anda tinggal setup DNS di co.cc dengan mengisi Name Server (NS) sesuai dengan NS1 dan NS2 yang anda dapat dari Webhost.

Jika sudah bisa diakses, jangan lupa ke Control Panel di Webhost dan klik Fantastico. Di situ anda bisa menginstall CMS seperti WordPress secara otomatis. Setelah itu anda bisa merubah logo, mengisi tulisan, dan sebagainya.

Hasilnya cukup bagus. Tapi berhubung gratis, ada batasannya. Jika dalam seminggu pengunjung kurang dari 10 dan dalam 10 hari tidak diupdate, website anda bisa hilang… Bayangkan jika website itu bertahun-tahun anda isi kemudian hilang. Apa tidak menyesal?

Jika anda ingin membuat domain sendiri misalnya www.sendailogistics.com, maka anda perlu beli domain sendailogistics.com dan juga hosting untuk domain tersebut. Besarnya sangat variatif. Untuk domain sekitar Rp 80 ribu per tahun. Ada pun untuk hosting, ada yang gratisan (tidak direkomendasikan karena banyak persyaratan dan kualitasnya buruk), ada yang Rp 100.000-400.000/tahun, ada pula yang sampai Rp 3 juta lebih per tahun. Biasanya harga seiring dengan kualitas.

Kalau itu sudah ada, anda tinggal mengisi website anda. Ada yang memakai static HTML yang sulit dirubah. Ada pula yang memakai CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, dan Drupal. Dengan CMS anda bisa mengupdate website anda dengan mudah. CMS ini, misalnya wordpress, dapat anda download di www.wordpress.org.

Untuk menginstall WordPress atau CMS lain, anda perlu membuat Database MySQL berikut user name dan passwordnya melalui control panel hosting anda. Kemudian upload wordpress ke root www di hosting anda. Extract, kemudian jalankan dengan mengetik www.domainanda.com (.com bisa dirubah dengan .co.id, dsb). Isi nama database, username, dan password serta Judul dari situs anda.

Selain WordPress, anda bisa memakai CMS lain seperti Joomla dan Drupal.

Sebetulnya prosedur di atas tidak rumit. Tapi jika anda kesulitan, anda bisa minta bantuan jasa web developer untuk itu. Biayanya antara Rp 500 ribu hingga ratusan juta rupiah. Tergantung siapa orangnya dan juga kerumitan dari situs tersebut. Yang paling enak bikin sendiri karena gratis…:)

Jika sudah beres, jangan lupa daftarkan situs anda di www.dmoz.org agar situs anda bisa dicari melalui mesin pencari (Search Engine) seperti www.google.com, www.yahoo.com, dsb. Jangan sampai uang dan tenaga anda terbuang sia-sia karena tidak terdaftar di sana.

Setelah itu anda harus berusaha mengupdate dan mempromosikan website anda sehingga bisa menempati peringkat pertama di Search Engine untuk kata-kata kunci yang anda inginkan. Misalkan anda dagang rumah, anda tentu ingin ketika orang mengetik rumah maka nama website anda muncul di urutan pertama. Untuk itu anda perlu mempelajari SEO (Search Engine Optimization). Sebagai contoh untuk key word Media Islam ada 66,3 juta lebih halaman yang muncul. Kalau website kita ada di urutan ke 100 saja niscaya tidak akan terbaca oleh orang-orang.

Demikian sekedar tips dan info singkat dari saya tentang cara membuat website di Internet. 

Jika tidak jelas juga, silahkan lihat komentar di bawah dan baca buku-buku tentang itu (mau buat buku sendiri tapi butuh banyak waktu). Jika memang tidak sanggup juga dan ada dana, bisa kontak  usahamuslim@media-islam.or.id untuk pembuatan website all in (terima beres) dengan biaya 2 dinar (saat ini rate 1 dinar=Rp 2,1 juta di www.wakalanusantara.com  ). Silahkan baca:

http://media-islam.or.id/2010/07/22/pembuatan-website-seharga-2-dinar

Insya Allah dengan (sebagai contoh) posisi di halaman pertama dari lebih 66 juta laman untuk keyword tertentu, biaya sebesar itu cukup pantas ketimbang murah sekali tapi tidak ada penontonnya..:)

Semoga bermanfaat.

55 comments to Tips/Cara Membuat Website di Internet

Tinggalkan Balasan