Media Islam, Islam, Allah, Muhammad

Kategori

Doa untuk Ibu Bapak / Orang Tua

Sesungguhnya jasa orang tua kita tidak terhitung banyaknya. Ibu kita mengandung selama 9 bulan kemudian melahirkan kita dengan resiko nyawa melayang. Ketika kita masih bayi tak berdaya, mereka beri kita minum dan makanan. Ketika kita buang air, tanpa jijik mereka membersihkan kita dengan penuh cinta. Kita diberi pakaian dan juga pendidikan.

Mereka sabar menghadapi kemarahan kita, rengekan, kenakalan, bahkan mungkin ketika kita masih kecil/balita pernah memukul mereka. Mereka tetap mencintai kita. Jadi jika kita merasa kesal dengan mereka, apalagi jika mereka begitu tua sehingga kelakuannya kembali seperti anak-anak, ingatlah kesabaran mereka dulu ketika menghadapi kita. Bagi yang sudah memiliki anak tentu paham tentang kerewelan anak-anak yang butuh kesabaran yang sangat dari orang tua.

Adakah kita mampu membalasnya? Bahkan seandainya orang tua kita tak berdaya sehingga untuk buang air kita yang membersihkannya, itu tidak akan sama. Orang tua membersihkan kita dengan penuh cinta dan harapan agar kita selamat dan panjang umur. Sementara si anak ketika melakukan hal yang sama mungkin akan merengut dan bertanya kapan “ujian” itu akan berakhir.

Begitulah. Seperti kata pepatah, “Kasih anak sepanjang badan, kasih ibu sepanjang jalan” Tidak bisa dibandingkan.

Oleh karena itu hendaknya kita berbakti pada orang tua kita. Minimal kita mendoakan mereka:

Apabila anak Adam wafat putuslah amalnya kecuali tiga yaitu sodaqoh jariyah, pengajaran dan penyebaran ilmu yang dimanfaatkannya untuk orang lain, dan anak yang mendoakannya. (HR. Muslim)

Jika kita tidak berdoa untuk orang tua kita, maka putuslah rezeki kita:

Apabila seorang meninggalkan do’a bagi kedua orang tuanya maka akan terputus rezekinya. (HR. Ad-Dailami)

Oleh karena itu sebagai anak yang berbakti hendaknya kita senantiasa berdoa untuk ibu bapak kita. Di antara doa-doa untuk orang tua yang tercantum dalam Al Qur’an adalah sebagai berikut:

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah:

doa4.jpg

Robbirhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo

“Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” [Al Israa’:24]

doa1.jpg

Robbanaghfir lii wa lii waalidayya wa lilmu’miniina yawma yaquumul hisaab

“Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” [Ibrahim:41]

doa5.jpg

Robbighfir lii wa li waalidayya wa li man dakhola baytiya mu’minan wa lilmu’miniina wal mu’minaati wa laa tazidizh zhoolimiina illa tabaaro

“Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan.” [Nuh:28]

doa6.jpg

Robbighfir lii wa li waalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo

“Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku dan kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”

Mudah-mudahan kita bisa mengambil manfaat dari ilmu yang kita dapat dengan mengamalkannya setiap hari. Amiin.

Video Doa untuk orang tua:


http://media-islam.or.id/2008/03/06/doa-untuk-ibu-bapak-orang-tua

90 comments to Doa untuk Ibu Bapak / Orang Tua

  • Ass, wr.wb
    Langsung aja ya, apakah yang harus dilakukan oleh seorang anak apabila mendapatkan salah satu orang tuanya melakukan zina? apakah ia harus tetap hormat padanya? dan bagaimanakah sikap yang harus dilakukan oleh sang anak? dan apa yang harus dilakukan oleh orangtuanya yang berzina tersebut untuk menebus dosa-dosanya tersebut? trims.

  • heroedayak

    Ass. Aulia Annada,
    Maaf yaa… saya cuma pingin kasih masukan aja semoga bermanfaat. Kita sebagai mahluk Allah punya kewajiban dan Tanggung Jawab. mengenai bagaimana kita bersikap dengan kondisi orang tua yang spt itu, yaa kita harusnya tetap menghormati beliau sebagai orang tua kita, dan yang dapat kita lakukan adalah ber do’a dalam setiapsholat kita kepada Allah semoga hati beliau dapat terbuka dan menyadari apa yang telah diperbuat itu adalah salah.. dan kembali kejalan yang benar sesuai dengan tuntunan Allah SWT dalam Al’Quran.
    Gitu aja… kami berharap Allah selalu memberikan rahmat dan hidayah buat keluarga Aulia… Amin.
    Wass

  • Mas… boleh kan kalau postingan ini aku copy dan jadi kan inspirasi tulisanku??

    Pls… klik ya di.. http://maaini.wordpress.com/2008/05/06/menjadiorang-tua/
    Jazakallahu

  • Good Performance, please continue

  • We appreciate the publishement of Media Islam, be proceed and succesfully

  • neza

    Ass,…
    situs ni baru pertama kali saya buka, saat galau di tempat kerja, meski saya islam sejak lahir. tapi diri ini masih kosong akan pelajaran agama.Alhamdulillah dari kecil saya pernah mengenyam bangku madrasah (TPA) dan mengaji pada ustad.Dengan banyaknya permasalhan hidup membuat saya ingin berontak, tp bersyukur da seorang rekan yg pernah mengatakan ‘jika kau sedang di uji,berarti Allah memperhatikanmu dan sayang padamu’ kalimat itulah yg slalu sy renungkan saat menghadapi mslah. Saya jd teringat akan dosa2 terhadap orang tua, terlebih ibu.Usia kami hanya beda 17thn (ibu menikah muda),kadang perbedaan pendapat yg mengakibatkan kami ribut kecil.Ketika saya baca artikel ini, rasanya ingin segera pulang memeluk ibu serta meminta maaf yg sebesar2 ya.
    Sukron….Wss..

  • Media Islam

    Silahkan dicopy bu Yanti.
    Untuk sdr Aulia, jawaban mas Heroe mudah2an bisa menjawab. Jika berbuat dosa kita wajib bertobat kepada Allah SWT. Jika berbuat salah pada orang lain, kita juga harus minta maaf pada orang yang kita sakiti.

    Jazakumullah juga untuk semuanya.

  • nayla azzahra

    Kasih sayang orang tua adalah sifat rahman dan rahimnya Allah yang dititipkan kepada hati Ibu dan Ayah.
    Semasa remaja saya sebagai anak suka berontak dan protes terhadap perlakuan orang tua. Mungkin karena saat itu sebagai anak, saya inginkan figur orang tua yang lemah lembut,bisa mengerti, bisa dibanggakan dsb.
    Berbekal pesan birrul walidain dari guru agama, bertahun-tahun saya belajar memahami mengapa jika terkadang ayah menghardik saya, justru sayalah yang harus minta maaf terlebih dahulu kepada beliau. Mengapa terkadang ayah atau ibu boleh terlewatkan shalatnya sedang saya akan mendapat rotan karena tidak sembahyang.
    Akhirnya saya coba mengerti bahwa itu adalah bentuk ketidak konsistenan. Orangtua selalu inginkan anaknya menjadi yang terbaik. Orangtua ingin anaknya menjalankan shalat, selalu berkata lembut, mudah memaafkan, tapi terkadang orangtua membentak, gengsi untuk minta maaf dan lupa shalat.
    Sekarang saya sudah menjadi orangtua. Dengan berbagai kesibukan mencari nafkah, dengan tuntutan untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga, sangat terasa bahwa menjaga konsistensi itu tidaklah mudah.
    Selalu kuingatkan anak2ku bahwa sarapan harus dengan tangan kanan, berdo’a dulu sambil duduk manis dikursi makan. Tapi aku sendiri sering menyambar roti dengan tangan kiri lalu menggigitnya sambil lari2, karena takut terlambat sampai ditempat kerja.
    Diujung malam kupandangi wajah2 mungil anak2ku…teringat akan kedua orangtuaku…bersujud aku memohon ampun kepada Allah atas dosa2ku dan dosa kedua orangtuaku. Kasihilah mereka ya Allah..seperti mereka menyayangi aku diwaktu kecil…

  • alhamdulillah ternyata ada juga website yang menerangkan tentang anjuran kepada ortu walaupun keduanya meninggal dunia, sungguh luar biasa orang yang membuat artikel kepedulian atas umatnya

  • evi dy

    secara tidk sengaja sy membuka milis ini, sebenarnya sy lagi gundah, gelisah dan tertekan, saya lagi banyak pikiran di kntr, begitu berat beban yang aku pikirkan yang harus diselesaikan, tidak seorangpun yang bisa menolong tidak suamiku. rasanya hari ingin cepat berlalu sy ingin bersujud di kaki ibuku memohon pertolongannya, doa ibuku bagaikan air es yang disiramkan ketubuhku, sayang beliau saat ini sedang sakit belumbisa diajak komunikasi karena usia, subhanallah beliau sekarang 84 thn
    Ya Allah berilah hambaMu kesempatan untuk selalu berbakti kpd ibuku, sehatkanlah dan panjang umurkan lah ibuku. ibuku mutiaraku, terima kasih………..

  • Puji Rahayu

    Aku teringat kedua ibu dan bapakku yang telah meninggal……Sungguh saudaraku seiman….janganlah kita mensia-siakan orang tua kita….tiadalah guna kita menangisi semuannya setelah keduannya telah tiada….Bapak dan Ibu yang ada di surga aku sayang dengan Kalian…..semoga kalian mendapatkan tempat terbaik disisi Allah SWT….Ya Allah Ya Rabbby ampunilah segala dosa orang tuaku ini…..jadikanlah aku ini anak yang selalu berbakti kepada orang tuaku dan selalu mendoakannnya…amien….Saudaraku seiman sejak umur 25 aku sudah tidak punya orang tua dan aku sangat kehilangan sosok ibu yang sangat menyayangi aku…..Aku sayang Mami….Sayang mami …tidak pernah kulupakan Mami kasih sayangmu padaku…

  • eko widiamoro

    assalamualaikum wr wb
    saya hanya ingin mengingatkan saja betapa beruntung orang tua yang memiliki anak yang sholeh ataupun sholehah karena walaupun telah meninggal dunia, tapi amal masih terus mengalir seperti aliran sungai yang terus mengalir dan tiada henti – hentinya. semoga setiap orang tua di dunia mendapat putra – putri yang berbakti kepada orang tuanya. tapi yang harus diingat adalah sebagai orang tua kita juga harus mendidik anak kita dengan baik. karena anak ibarat bahan mentah tinggal kita mendidiknya saja yang harus sesuai dengan syariat – syariat islam
    wassalaualaikum wr wb

  • Assalamu’alaikum wr.wb
    Memiliki putra-putri yang shaleh merupakan aset terbesar dalam dunia dan akherat. anak yang shaleh menjadi tabungan akherat untuk orang tuanya. tapi, apa kiat membentuk generasi yang shaleh?
    kami menyediakan produk multimedia pendidikan yang akan membantu Anda, orang tua, membentuk putra-putri yang shaleh,…Jazakumullah khairan katsiraa untuk kesempatannya
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  • wawan

    Ya ALLAH Terimalah Alm. Bpkku di sisihMU apuni semua sgla dosa-dosanya..muliakan Alm. di sampingmu……ak teringat engkau.. smoga Engkau tenang Ayah.. Ak selalu menyayangimu………

  • suryadarma

    ya ALLAH ENGKAU MAHA AGUNG,dan kedua orang tuaku adalah orang hebat,ayahku yg telah memberikan kami sekeluarga tempat berteduh dari hujan atas riddlo ALLAH SWT, dan Ibuku subhannallah ternyata telah menyembunyikan beban hidup yang teramat berat yang baru terbuka semua ketika beliau sakit,itu yang seakan membuat saya dan saudara ,ibu begitu hebat ibu dpt menyimpan risau ,keluh ,kesah seorang diri yang pastinya agar putra putrinya tdk terbebani,maaf akan sikapku dan saudara2 yang lain,aq berharap ibu bs sembuh sehingga aq bs membayar nadsar ku 1 membiayai ibu naik haji dengan keringat putra putri tercintanya dan membuat ibuku tersenyum bangga pada putra putrinya,ya ALLAH BERILAH KESEMPATAN ITU,ALLAHUAKBAR

  • Fani Fajarwati

    Ass, mas.
    Hari ini sy mengantar kedua orangtua serta kakek dan nenek ke bandara untuk pergi menunaikan ibadah umroh. Awal_y sy merasa biasa sj saat mengantar, tp setelah mereka siap masuk boardingpass, tanpa terasa sy menagis. T’nyata sy merasa rindu sekali, walau kami belum b’pisah. hari ini sy buka webside ini u/ cr doa untuk orangtua. Sy ingin belajar mengirimkan doa u mereka. semoga Allah melindungi dan memberikan kekuatan serta kesabaran bg mereka umat_y yg menjalankan ibadah. T’utama u nenek sy yg sakit stoke, hrs menggunakan kursi roda, tp memiliki tekat n keimanan dalam b’ibadah yg luar biasa. Amin…

  • cahaya dammam

    Maaf yang surat Ibrahim itu ayat yang ke 41 disitu tertulis 14 terbalik ya.Maaf soalnya saya mengambil sebagai literatur saya cocokkan dengan Alquran yang benar ayat 41.

  • nizami

    @Cahaya: terimakasih atas koreksinya. Sudah diperbaiki.

  • ingin ku bahagiakanmu tapi setiap amanah yang kau berikan ku selalu tidak menjalankanmu.

  • dhany

    subhanallah waktu buka saya hampir nangis baca doa untuk ibu dan ayah

  • fathi

    bersama dengan tanpa hentinya air mataku dihari ini, myretai kepulangan beliau dari kamar kosku. betapa aku seperti anak TK yg enggan ditinggak pergi, meski 26 tahun sudah usiaku kini. lama aku tidak menangis didepan ayah ibu, tapi kali ini. aku merasa sangat ketakutan, sangat takut mereka tinggalkan. aku msih belum siap… aku tidak tahu bagaimana mengungkapkan kegelisahanku pada sosok2 pemilik hati yang penuh cinta dan keiklasan memberi itu.. karena selama ini mereka yang mengeluh dengan segala permasalahannya padaku.Anda tahu bagaimana, rasanya kerindhuan dari hati seorang anak terhadap orangtuanya? sungguh tak ingin aku membeiarkan mereka pergi, meskipun mereka mengeluh dan aku menahan untuk tidak bersedih dihadapan mereka, tetap pak… gagal sudah 10 tahun waktu yng kurajut untuk membuktikan bahwa aku pasti bisa mngapai mimpi meski dalam keterbatasan diri dan keluarga.anda tahu, meskipun aku tak inginkan itu tapi aku menjadi sangat sedih dan terus menangis tatkala ingat bapak dan ibu berkata “maaf nak, bapak ibu tak memiliki apapun kecuali do’a untuk bisa menghantarkanmu mencapai mimpi dan cita”… aku ingin bapak ibu, tapi aku masih harus meneruskan perjuangan ini…aku ingin semuanya tahu… tetap bapak ibukulah yang nomor satu… “I LOVE THEM so MUCH…” :(….izinkan aku menitip air mata berbagi disini…. mari kita perbaiki diri, menjemput ladang pahala yang Allah siap amanahkan…amin

  • deris

    Subhanallah… bagi yang ortunya masih ada, segeralah mohon ampun dan membahagiakan mereka sebelum datang hari penyesalan. karena pasti kita tidak selamanya bersama mereka.

  • eviec

    Mas, mohon ijin mau mengcopy ya…thx atas pembelajarannya.

  • DWIANTO

    Robbighfir lii wa li waalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo……… ini surat apa, ayat brp..? trm ksh

  • Aku suka sekali dengan postingan di atas, mohon izin copy paste untuk inspirasi di-blog-ku sebagai curahan hati seorang anak yang ingin berbakti kepada kedua orang tua namun selalu merasa kurang dapat tuk membahagiakan mereka….

  • nizami

    @Dwianto: itu kombinasi dari surat Al Israa’ ayat 24 dengan surat Ibrahim ayat 14.
    Yang patut kita ingat adalah doa itu bebas sesuai keinginan kita selama tidak melanggar tuntunan doa (misalnya doa untuk menzhalimi orang lain) dan bisa dengan bahasa Indonesia atau kata-kata kita sendiri.

    Bagi yang lainnya silahkan dicopy paste, namun mohon sumbernya disebut agar jika sewaktu-waktu ada perbaikan, para pembaca bisa melihat updatenya.

  • Assalamualaikum,…
    Mas saya sangat tertarik dengan artikel ini,…. kalau saya kopi boleh kan untuk menambah inspirasi saya……..terimakasih

  • yusuf sukamto

    aku mw nanya kalau orang tua sakit doa nya itu bukan tolng ksh tw!

  • Apa betul orang yang sudah meninggal rohnya selama belum 40 hari masih di sekitar rumah kita..?

  • eko

    matur nuwun, ana mau coppy yah?

  • Ibnu Mubari

    Mencoba memberikan ralat, seharusnya surat Ibrahim ayat 41..
    Terima kasih..

  • nizami

    @Ibnu Mubari: Terimakasih atas ralatnya. Sudah diperbaiki.

  • Assalamu’alaikum..
    Artikel yng sangat bgus, bsa mnjdi inspirasi kita smua,,
    mhon ijin meng’copy artikel+gmbar doa’nya,,
    terima ksih..

  • nita

    assalamualaikum, wr.wb
    subhanallah, aq smakin sayang pada kedua orang tua q, makasih y artikel:)

  • trimakasih matursuwun jadi tambah cinta dan sayang dan dan dan…….
    boleh gk di copas…?

  • nizami

    Silahkan dicopy. Jangan lupa disebut sanad/sumbernya.

  • sesungguhnya aku bersaksik bahwa aku tidak akan melawan orang tua ku aku berjanji kepada tuhan ku yang maha esa.aku memohon kepada mu ya…tuhan aku berjanji tidak akan mengulami yang aku lakukan selama aku hidap ini mulai hari jumat aku bersaksi kepada mu.ya tuhanku aku memohon kepada mu aku berjanji aku tidak akan mengulangi lagi.amin.

  • Heru Kustiyanto

    Assalaamu’alaikum…
    Alhamdulillah saya menemukan website ini dengan artikel berjudul Doa Untuk Ibu/Bapak. Terima kasih kpd penulis dan rekan-rekan yg telah berbagi uneg-uneg sehingga dpt sy jadikan bekal dlm merefleksi diri saya. Sungguh saya tidak akan pernah bosan membaca artikel atau berdiskusi mengenai kedua orang-tua yg kita cintai. Sekali lagi terima kasih kpd penulis dan rekan-rekan semua disini, semakin bertambah rasa syukur sy kpd Allah swt serta rasa cinta dan hormat saya kpd kedua orang-tua yg sudah tiada. Semoga mereka mendapat tempat terbaik dan menjadi kekasih Allah swt. Amin.

  • syahrul zen

    Assalamualaikum wabahrakatu.
    Ya ALLAH yang maha segalanya. Terimalah Alm. Ibuku, bapakku dan udaku dengan ridhamu disisi engkau, sebagai mana menerima orang-orang yang ekau mulia. Dan mohon pada engkau jadikan anak-anak dan cucu kami menjadi orang dekat dengan engkau ya allah. Amiiim

  • nur

    assalamualaikum. saya exited banget pertama buka bahasan tentang ortu. mertua saya sering menyakiti hati saya sewaktu baru2 menikah, saya pernah tinggal dg mereka 2 bln,dikarenakan saya bukan menantu yg diharapkannya. tadinya saya selalu berusaha untuk merebut hatinya dan sabar mungkin karena adat orang timur (sorong) spt itu. tapi lama2 keterlaluan dan sangat menghina. kemudian hati saya sama sekali tidak sayang dan saya jarang sekali menelpon mereka. apakah saya berdosa? hati kecil saya merasa saya bersalah. bagaimana ya cara mengatasinya? terima kasih yang sebesar2nya…

  • qw bersedih ketika qw melihat kedua orang tuaku bekerja, dan qw berkata dalam hati betapah susanya mereka membesarkan kami,,,, dan mulai saat thu pula qw sadar kalau orang tua wajib bwat di bahagiakan kelak qw dewasa nanti

  • munawir

    saya adalah anak yang munugkin bisa di bilang durhaka,tapi kini saya sadar dan selalu menangis saat mengingat kesalahan itu.maafkan aku ibu dan bapakku

  • Assalamualaikum, Wr, Wb.

    ROBBIGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIROO

    “ Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah ibuku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku sewaktu aku masih kecil ”

    Amin,,, Amin,,, Ya Robbal Alamin.

  • Lubis

    Tergugah hatiku membaca artikel & komen2 yang ada. tak kusadari airmataku jatuh dan hatiku berdegup kencang membaca seluruh cerita yang ada. Ayahku telah tiada, alhamdulillah ibundaku selalu menyibukkan waktunya di musholla. Jarang aku mendoakan mereka, karena aku terlena sebagai orang tua baru. Masya Allah…ampunilah atas kelalaianku selama ini sebagai seorang anak…

  • ibu,, , ,
    maafkan Q yang mungkin Q kmaren lebih memikirkan wanita daripada Engkau, , , ,
    sekaranx Qsadar bahwa kasih sayang seorang kekasih, ,
    tak sebanding dengn kasih sayang Engkau,, ,
    Maaafkan Ibu, , ,
    sekaranx kekasihQ telah meninggalkan Q pergi jauh,, ,
    yang Q anggap dya sebagai kekasihQ,,
    ternyta dya hanya menganggapQ sebagai teman dekat.,,,
    betapa hancu perasaan ibu, , ,
    Ya Allah Ampunilah dosaQ , ,,pada ibuQ, ,
    yang Qsengaja atau yang tak Q sengaja, , ,
    Q tak mau kehilangan ibuQ,, ,
    Q sangat membutuhkannya, , ,
    ibu, , ,
    bimbinglah Q menuju jalan kebaikan, , ,
    ajarkan Q tuk tidak ,,,memili jalanQ sendiri , ,
    karena tanpamu Q kan tersesat kemnapun tanpa Engkau dampingi, , , ,
    Q mohon ibu, , ,
    terima kasih ibu ,,
    tuk semua jasa”mu, , ,yang telah membesarkan Qhingga menjadi seperti ini, , , ,
    Ilve U mom, , , , ,

  • MOHON SHARE YA FBNYA ^_^ MAKSHHH BAGUS BGT WEBSITENYA ALLAH HUAKBAR!

  • nizami

    Silahkan dishare.
    Jangan lupa sebut link sumbernya.

Tinggalkan Balasan