Media Islam, Islam, Allah, Muhammad
“JualJual Nasi Kebuli Jakarta
Munatour - Haji dan Umrah Sesuai SunnahiMunatour - Haji dan Umrah Sesuai Sunnah

Tulisan Terkini

Twitter

#AllanNairn is an asshole for label Muslims who refuse a sick Chinese Christian who rob people's home as a Governor of #Jakarta as Radical

Doa dan Nasehat untuk Mendapat Anak

Mungkin ada di antara kita yang belum mendapat anak meski sudah bertahun-tahun menikah dan usia sudah menjelang tua. Nabi Zakaria dan istrinya juga begitu. Mereka belum juga punya anak meski sudah lama menikah dan usia menjelang uzur.

Namun Nabi Zakaria berdo’a sebagaimana dikisahkan dalam Al Qur’an, surat Ali ‘Imran ayat 38:

Doa Nabi Zakaria untuk Mendapatkan Anak

“Di sanalah Zakaria mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa” [Ali ‘Imran:38]

Transliterasi doanya sebagai berikut: “Robbi hablii milladunka dzurriyyatan thoyyibah. Innaka sami’ud du’aaa’”

Tak lama setelah Nabi Zakaria mengucapkan doa tersebut, Allah mengabulkan doanya dengan memberi seorang anak:

“Kemudian Malaikat Jibril memanggil Zakaria, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab. Katanya: “Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran seorang putera yang bernama Yahya, yang membenarkan kalimat yang datang dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri dari hawa nafsu dan seorang Nabi dari orang-orang yang saleh.” [Ali ‘Imran:39]

Zakaria sampai merasa heran karena dia sudah sangat tua sedang istrinya mandul:

Zakaria berkata: “Ya Tuhanku, bagaimana aku bisa mendapat anak sedang aku telah sangat tua dan isteriku pun seorang yang mandul?.” Berfirman Allah: “Demikianlah, Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya.” [Ali ‘Imran:40]

Doa Nabi Ibrahim untuk Mendapatkan anak:

Doa Nabi Ibrahim untuk Mendapat Anak

Robi hablii minash shoolihiin

“Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.” [Ash Shaaffaat 100]

Setelah itu Allah memberinya anak:

“Maka Kami beri dia khabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar” [Ash Shaaffaat 101]

Tentu saja selain berdoa kita wajib berusaha. Saya dulu sempat khawatir juga ketika setelah baligh waktu di SMP menderita penyakit gondongan. Saya sempat membaca (entah benar atau tidak) kalau menderita penyakit itu setelah balligh bisa mandul. Namun alhamdulillah ternyata Allah mengkaruniai anak.

Beberapa nasehat yang dapat saya berikan (percaya atau tidak) adalah jika anda atau pasangan anda merokok, coba dihentikan. Selain di bungkus rokok disebut rokok bisa mengakibatkan impotensi dan gangguan janin, beberapa orang yang saya lihat tidak mendapat anak memang merupakan perokok yang kuat. Memang ada juga perokok kuat yang punya banyak anak, tapi daya tahan seseorang terhadap pengaruh rokok kan berbeda-beda.

Kemudian coba minum madu 2 sendok makan setiap pagi dan malam. Usahakan madu asli seperti Madu Pramuka (sebab banyak ”Madu” yang palsu dari gula jawa). Ciri-ciri madu asli, semut kurang begitu suka, kemudian jika dibuka terutama setelah dikocok (sebaiknya jangan dikocok) dia akan berbunyi ”ploh” seperti ada gas di dalamnya. Terkadang bahkan meluap keluar.

Sebagaimana firman Allah, madu itu adalah obat yang dapat menyembuhkan termasuk penyakit mandul anda:

”…Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia…” [An Nahl:69]

Lalu coba lari pagi agar otot anda lebih kuat, nafas lebih panjang, dan lebih bugar. Coba anda dan pasangan anda jika bekerja mengambil cuti, terutama pada masa-masa subur (minggu pertama setelah haid usai) sehingga tidak mengalami kelelahan akibat bekerja.

Maaf jika agak sedikit vulgar, namun sebagai nasehat ini cukup penting. Usahakan posisi ”sedalam-dalamnya.” Saya tidak akan menguraikan terlalu jauh. Kalau anda belum mengerti, coba tanya ke orang-orang terdekat anda (muhrim) yang lebih mengerti.

Usahakan sperma bisa mengalir ke dalam dan bertemu ovum dengan mengatur posisi tubuh wanita misalnya mengganjal dubur dengan bantal (dada lebih rendah dari dubur). Biasanya setelah sholat Subuh merupakan waktu terbaik di mana kondisi anda benar-benar masih segar.

Anda harus berusaha setiap hari. Jika perlu sehari 2 sampai 4 kali.

Kemudian jika ingin mengatur apakah kita ingin anak lelaki atau perempuan, mungkin kita bisa lakukan sebagai berikut. Memang Allah SWT yang Maha menentukan. Tapi tidak ada salahnya kita sebagai manusia berusaha.

Dari berbagai artikel yang saya baca, jika kita sering makan telur, maka anak yang dilahirkan kemungkinan besar perempuan. Dan memang ketika saya mendapat anak perempuan, sebelumnya saya makan telur hampir tiap hari (saya tidak tahu kenapa).

Kemudian jika ingin anak laki-laki, perbanyak makan ikan dan yang asin-asin (tapi jangan berlebihan agar anda tidak darah tinggi). Ketika ingin mendapat anak laki-laki memang sengaja saya minta istri saya untuk sering memasak ikan. Dan di kantor juga saya memilih ikan sebagai menu makan siang. Alhamdulillah Allah mengkaruniakan saya anak laki-laki sehingga anak saya jadi sepasang.

Kalau menurut teorinya sih, telur memperkuat sel sperma yang menentukan jenis kelamin perempuan, sedang ikan memperkuat sel sperma untuk laki-laki. Mengenai kebenarannya wallahu a’lam bish showab. Namun itulah yang saya lakukan dan saya alami.

Jika seandainya semua usaha itu belum membuahkan hasil juga, anda bisa mengasuh anak yatim. Tidak perlu jauh-jauh, mungkin keponakan anda sendiri atau saudara yang lainnya. Jika tidak ada, baru anak yatim yang tidak ada hubungan keluarga dengan anda.

Pahala mengasuh anak yatim sangat besar seperti digambarkan hadits-hadits di bawah ini:

Nabi Muhammad SAW berkata: ”Aku dan pengasuh anak yatim (kelak) di surga seperti dua jari ini.” (HR. Bukhari). Penjelasan: (Rasulullah Saw. menunjuk jari telunjuk dan jari tengah dan merapatkan keduanya).

Rasulullah SAW berkata: ”Demi yang mengutus aku dengan hak, Allah tidak akan menyiksa orang yang mengasihi dan menyayangi anak yatim, berbicara kepadanya dengan lembut dan mengasihi keyatiman serta kelemahannya, dan tidak bersikap angkuh dengan apa yang Allah anugerahkan kepadanya terhadap tetangganya. Demi yang mengutus aku dengan hak, Allah tidak akan menerima sedekah seorang yang mempunyai kerabat keluarga yang membutuhkan santunannya sedang sedekah itu diberikan kepada orang lain. Demi yang jiwaku dalam genggamanNya, ketahuilah, Allah tidak akan memandangnya (memperhatikannya) kelak pada hari kiamat. (HR. Ath-Thabrani)

Ada seorang adik saya yang lama setelah menikah belum mendapat anak. Akhirnya ibu saya menyuruhnya untuk bersedekah kepada anak-anak Yatim di satu panti asuhan dengan memberi makan dan juga uang ke masing-masing akan yatim sekadarnya. Tak berapa lama, alhamdulillah lahir anak pertama mereka. Dan sekarang menyusul anak yang kedua. Insya Allah doa mukmin lainnya seperti para ustad atau pun anak yatim yang masih suci itu doanya didengar Allah SWT.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Advertisements

29 comments to Doa dan Nasehat untuk Mendapat Anak

  • Leon Roza

    Informasi yang dibutuhkan sebagian besar yang ingin menimang anak. Barangkali ada doa lainnya selain doa tersebut diatas

  • Leon Roza

    Anak merupakan garis keturunan yang diimpikan sepasang suami istri untuk melanjutkan dakwah islamiyah di muka bumi ini, jangan lah pernah berputus asa berusaha berdoa berobat bermunajat pada Sang Khlaik Al Mussyawir. 15 tahun kami berusaha dan berupaya meskipun belum jua Alhamdulillah terus berusaha Insya Allah doa Nabi Zakariya mampir juga keharibaan kami. Amin

  • REDHYKA

    Insya Allah.
    Namun semua tetap atas kuasa Allah. SWT.
    Tetap ada berkah atas segala sesuatu.
    Perbanyaklah syukur atas nikmat dan karunia dan telah diberi.
    Allah Maha Mengetahui.

  • nurthohiroh

    saya ingin bertanya arti dari nama Aliyah amira as-syifa artinya apa ustad.jazakumullah khoir…

  • nizami

    Insya Allah doa di atas cukup.
    Agar doa kita dikabulkan oleh Allah juga banyak yang harus dilakukan yang mungkin harus ditulis dalam satu artikel sendiri seperti dari rezeki yang kita dapat harus halal, berhenti berbuat dosa dan bertaubat, mengucapkan puji kepada Allah dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW sebelum berdoa, berdoa, kemudian membaca penutup doa.

    Doa harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan juga mencari waktu yang afdhol seperti sehabis shalat malam. Terus berbuat kebaikan dan mendekatkan diri kepada Allah.

    Jika Allah sudah mencintai kita, insya Allah Dia akan memberi yang terbaik untuk kita. Amiin…

  • ika

    Saya sudah 2.5 tahun menikah dan belum mendapatkan keturunan berbagai upaya sudah kami coba, namum belum membuahkan hasil. Awalnya saya pernah merasa Allah tidak adil dan frustasi kenapa banyak orang yang kurang amalnya tapi mendapatkan kemudahan dalam hidupnya, namum perlahan-lahan saya mulai menata hati dan pikiran saya bahwa Allah MAha Mengetahui apa yang terbaik untuk hamba_Nya. Sampai saat inipun terkadang rasa sedih itu masih mengusik sesekali tapi saya mencoba untuk lebih mendekatkan diri pada Allah dan lebih iKHLAS, Walopun sulit tapi saya berusaha selalu berpikir positif bahwa Allah Maha tahu yang terbaik utnuk saya dan Suami…..

  • nizami

    @Ika: Iya bu Ika.
    Di satu sisi banyak orang tua yang mendambakan anak. Di sisi lain sebetulnya banyak pula anak yatim piatu yang mendambakan kasih sayang orang tua, perlindungan, dan pendidikan.

    Jika bu Ika dan suami mampu, bisa saja mengasuh anak yatim piatu entah itu dari keluarga/kerabat, bisa juga dari panti asuhan.

    Insya Allah itu pahalanya sangat besar dan semoga doa mereka bisa membantu anda.

  • dino

    walaupun sudah lama berumah tangga ,sabar menaniti untuk anak yang amat kami impikan semuga allah merahmati kami untuk anank yang soleh.. amin

  • rani

    Alhamdulillah sampai saat ini saya masih diberi kesabaran.Meskipun setiap bulan selalu H2C (Harap-Harap Cemas).Tapi saya yakin bahwa Alloh SWT tidak akan menguji seorang hambanya melebihi kemampuannya.Saya mohon dukungan dan do’anya supaya saya bisa terus bersabar dan terus berusaha.

  • andri

    mencontoh nabi Ibrahim dengan menikah lagi. Teman saya puluhan tahun gak punya anak, kemudian ia menikah lagi dan subhanallah istri kedua hamil begitu pula istrinya yang pertama. Keduanya melahirkan dalam waktu yang hampir bersamaan. Wallahul musta’an

  • ela

    sebagai wanita normal yang telah menikah, saya sangat menginginkan segera punya anak. Jujur… kadang kesedihan itu ada, apalagi jika sering ditanya atau dibanding2kan dengan wanita lain yang telah hamil. Tapi saya selalu kembalikan semua sama Allah. Saya selalu meyakinkan hati saya bahwa Allah pasti mendengar doa saya, mungkin saja saat ini menurut Allah saya dan suami belum mampu untuk menerima tanggung jawab itu, dan sejuta menurut Allah lainnya yang tidak saya ketahui. Meyakinkan diri saya kadang tidak mudah, tapi saya harus bisa. Saya kembalikan semuanya bahwa apa yang saya alami saat ini sudah diatu